10 Adab Makan Sesuai Sunnah Islam, Patut Untuk Dicontoh

10 Sep 2021

Islam memang selalu mengajarkan agar umat islam melakukan adab makan sesuai sunnah. Hal ini dikarenakan dalam memakan makanan pun harus sesuai dengan adabnya. Melainkan anda tidak diperbolehkan memakan hanya dengan sembarangan.

Makan dan minum pada dasarnya bukan hanya memberi energi saja melainkan dapat menghilangkan lapar dan dahaga. Agama islam pun memiliki beberapa aturan hingga adab sesuai sunnah yang perlu dilakukan oleh umat islam. Berikut ini ada beberapa adabnya:

Niat Sebelum Makan

Sebelum memakan makanan, adab makan sesuai sunnah pertama adalah membaca doanya. Sebelum memulai doa, usahakan membaca basmalah terlebih dahulu. Contohnya seperti “bismillah” lalu langsung membaca doanya. 

Dengan membaca doa “bismillahi awwalahu wa aakhirohu,” dan memiliki arti “dengan nama Allah pada awal dan akhirnya”. Hal ini tercantum dalam hadits riwayat Abu Daud, No 3767. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, “apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkannya.”

Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah SAW tetap melakukan adab makan sesuai sunnah dengan menggunakan tangan kanan. Biasanya hal ini harus diusahakan sejak dini terutama bagi anak-anak yang beragama islam usahakan menggunakan tangan kanan dalam memulai berbagai aktivitas. 

Bahkan dalam hadits riwayat Muslim No. 2020 pun mengatakan,”Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kirinya pula.”

Ambil Dengan Tangan Kanan

Adab makan sesuai sunnah selanjutnya adalah ambil dengan tangan kanan. Biasanya jika ingin mengambil makan harus dimulai dengan tangan kanan terlebih dahulu. Hal ini pun tercantum dalam hr Bukhari No.5376 dan mengatakan “wahai anak, sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah yang ada di hadapanmu,”.

Memulai Makan Dari Pinggir

Kalau biasanya anda memulai makanan dari tengah, maka mulai sekarang ubahlah. Sebab adab makan sesuai sunnah pun diikuti oleh Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW menyarankan agar memakan dari pinggir terlebih dahulu. 

Setelah memakan makanan dari pinggir, baru boleh memakan makanan pada bagian tengah. Hal ini dilakukan agar tidak ada sebutir pun yang mubadzir. Melainkan makanan bisa dimakan semua hanya dalam 1 kali makan saja. 

Nabi Muhammad SAW pun bersabda terkait adab makan sesuai sunnah. “Barokah itu turun di tengah-tengah makanan, maka mulailah makan dari pinggirnya dan jangan memulai dari tengahnya,”. Hal ini pun terangkum dalam hadits riwayat Tirmidzi No.1805. 

Makan Dengan Tegap

Pada saat makan usahakan makan dengan tegap  dan jangan makan sambil bersandar. Karena hal ini tidak sesuai dengan adab makan umat islam. Hal ini pun tertera di dalam hadits riwayat Tirmidzi yang mengatakan,”adapun saya tidak suka makan sambil bersandar”.

Tidak Boleh Menjelek-Jelekan Makanan

Pada dasarnya makanan merupakan sebuah rezeki yang diberikan oleh Allah kepada para umatnya. Terutama bagi anda yang tidak suka dengan makanannya, lebih baik tidak perlu menghina. Karena ucapannya sama saja menolak rezeki dari Allah SWT. 

Dengan adanya beberapa adab ini diharapkan para umat islam dapat melakukannya di kehidupan sehari-hari. Hal ini pun bisa memberikan dampak baru bagi para umat islam yang ingin mengikuti jejak Rasulullah.