10 Keutaman Sholat 5 Waktu Secara Tepat Waktu Dalam Islam

26 Aug 2021

Ada banyak sekali berbagai keutamaan sholat 5 waktu yang akan didapatkan oleh umat islam. Shalat merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Jika tidak dilakukan maka akan mendapatkan dosa yang besar. 

Tentu agar shalat tidak bolong-bolong harus memiliki niat agar umat islam bisa menjalankan shalat 5 waktu selama 5 kali. Ada pula seperti salat subuh, salat dhuhur, salat ashar, shalat maghrib dan shalat isya. Untuk itu, ada beberapa keutamaan di bawah ini:

Bisa Dijadikan Sebagai Sumber Cahaya

Salah satu keutamaan sholat 5 waktu adalah bisa menjadi sumber cahaya yang abadi di dunia maupun akhirat. Biasanya orang yang sering melakukan shalat 5 waktu akan memiliki wajah yang bercahaya serta berseri-seri. 

Hal ini dikarenakan air wudhu yang sering digunakan pada saat alat. Inilah mengapa shalat 5 waktu merupakan salah satu sumber cahayanya. Hal ini juga pernah dikatakan oleh shallahu alaihi wassalam yang mengatakan. Siapa yang menjaga shalat 5 waktu akan mendapatkan cahaya, bukti dan keselamatan di hari akhir. Tercatat langsung di dalam sebuah hadits bernama HR. Ahmad ayat 169. 

Bisa Menghapus Dosa

Keutamaan sholat 5 waktu yang kedua bisa menghapus dosa yang telah lalu. Bagi umat islam yang memiliki dosa tentu ingin sekali jika dosanya terampuni dengan mudah. Salah satunya dengan melakukan shalat 5 waktu ini. 

Hal ini juga dikatakan oleh Hadits Riwayat Muslim no 233 yang mengatakan hanya shalat jumat dan shalat jumat lainnya yang hanya bisa menghapus dosa. Oleh karena itu, lakukanlah shalat tersebut jika ingin dosa terampuni dengan mudah. 

Bisa Dijadikan Amalan

Hanya dengan melakukan shalat bisa dijadikan salah satu amalan utama setelah mengucapkan 2 kalimat syahadat. Tetapi Nabi Muhammad SAW menyarankan agar para umatnya shalat di waktu yang tepat. Pada saat adzan memanggil, barulah lakukan shalat tersebut. 

Kehadiran keutamaan sholat 5 waktu bisa menjadi amalan yang terbaik. Selain itu, hal ini juga sudah dikatakan secara langsung oleh hadits muttafaqun alaih. Salah satunya mengatakan berbaktilah kepada orang tua dan kembali pulang di jalan Allah SWT. 

Bisa Menjadi Tamu Agung Di Surga

Menjadi salah satu tamu agung di Surga tentu merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi umat islam. Tentu bagi umat islam yang ingin menjadi tamu agung di surga hanya cukup melakukan shalat 5 waktu saja selama masa hidup.

Dengan adanya keutamaan sholat 5 waktu, ini diharapkan membuat para umat islam semakin berlomba-lomba dalam mencari kebaikan. Melainkan hanya orang terpilih saja yang berkesempatan menjadi salah satu tamu agung di surga. 

Bisa Masuk Surga

Memasuki surga tentu hanya diberikan kepada orang-orang yang beriman dan menjauhi larangan Allah SWT. Oleh karena itu, jika ingin memasuki surga maka rajin-rajinlah dalam beribadah terutama dalam melakukan shalat 5 waktu. 

Terhindar Dari Orang Kafir

Bagi orang yang selalu menjalankan shalat dengan tepat waktu akan terhindar dari golongan orang-orang kafir. Hal ini juga tercantum dalam surat Maryam ayat 59-69 yang mengatakan jika umatnya meninggalkan shalat maka akan berjumpa dengan kesesatan. 

Berbeda kalau tidak menjalankan shalat 5 waktu, bukan masuk surga melainkan akan masuk neraka. Itulah salah satu keutamaan sholat 5 waktu yang bisa didapatkan oleh umat islam. Dengan keutamaan ini tentu ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan oleh umat islam.