3 Amalan Saat Bulan Ramadhan yang Ringan di Mulut Namun Berat Ditimbangan

15 Apr 2019

Marhaban Ya Ramadhan, bulan suci Ramadhan telah tiba. Setiap Kali Bulan Ramadhan datang, hati kita bersuka-cita dalam menyambut bulan Ramadhan yang mulia dan penuh dengan berkah ini. Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, Rasulullah SAW dalam Hadist bersabda yang artinya:

Telah datang kepada kalian Bulan Ramadhan bulan mulia yang penuh berkah, Allah wajibkan kepada kalian berpuasa di bulan ini. Di bulan Ramadhan akan dibukakan pintu-pintu langit, da ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan dibelenggu. Demi Allah, dibulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang terhalang untuk mendulang banyak pahala dimalam itu, berati dia terhalang mendapatkan kebaikan.

Melihat, mendengar dan membaca hadis sabda Nabi Muhammad ini, harusnya kita lebih semangat lagi dalam mengerjakan amalan-amalan baik di bulan yang mulia ini. Banyak sekali amalan-amalan yang ringan diucapkan, namun memiliki pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadhan. Karena pintu-pintu neraka ditutup dan setan dibelenggu, serta pintu syurga dibuka selebar-lebarnya.

Banyak sekali keberkahan amalan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan agar mendapatkan banyak pahala dan berkahnya Allah Ta’ala.

Ramadhan bulan sedekah

Nabi Muhammad SAW adalah seseorang yang paling dermawan dan pemurah, di bulan Ramadhan Beliau lebih dermawan lagi. Kebaikan Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan melebihi air yang mengalir karena begitu banyak dan cepatnya. Ada beberapa Hadist dari Nabi Muhammad bersabda , “Sebaik-baiknya sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan.” HR Baihaqi. Dan tentunya sedekah tidak menungguh kaya, tetapi sedekahlah untuk kaya. 

Bulan diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan yang diberkahi dan menjadi salah satu bulan istimewa dari bulan-bulan lainnya. Salah satu yang menyebabkan bulan Ramadhan ini istimewa yaitu karena di dalamnya Al-Quran diturunkan dan diwahyukan kepada Nabi Muhammad. Peristiwa turunnya Al-Quran sudah Allah abadikan pada Alquran yang artinya:

“Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” QS Al-Baqarah ayat 185.

Malam yang lebih baik dari seribu bulan

Inilah salah satu keistimewaan dari bulan Ramadhan, yakni malam yang lebih baik dari seribu bulan. Inilah keajaiban dari bulan Ramadhan yang hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad yang memiliki umur paling pendek yaknik 60-70 tahun dibandingkan dengan kaum nabi-nabi dan rasul terdahulu yang mencapai ribuan tahun. Walaupun umat Nabi Muhammad paling pendek, tetapi dengan adanya malam Lailatul Qadar maka ibadah umat Rasulullah mampu menyaingi umat-umat yang memiliki umur ribuan tahun. Rasulullah SAW bersabda dalam Hadist:

“Barangsiapa melakukan Qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni” HR. Bukhari Muslim.


Maksud dari qiyam Ramadhan adalah sholat terawih sebagaimana yang sudah dituturkan oleh para ulama bahwa dulu shalat terawih dilakukan sendiri-sendiri. Dan pada zaman Umar bin Khattab dilakukan berjamaah. Dan jika shalat terawih dilakukan pada saat malam lailatul qodar maka sama halnya shalat terawih selama seribu bulan atau kurang lebih selama 83 tahun penuh tanpa berhenti.