3 Destinasi Wisata Ala Islami Nan Unik Di Indonesia

19 Aug 2021

Destinasi wisata ala islami memang selalu menyuguhkan edukasi silam yang khas. Bukan hanya sebagai tempat beribadah saja, ada banyak hal yang bisa dipelajari disini. Selain itu, ada banyak cerita yang melatarbelakangi pembangunan tempat wisata ini. 

Tidak perlu jauh-jauh hingga ke luar negeri, Indonesia memiliki beragam wisata unik yang khas. Terutama wisata religi islami bisa anda temukan dengan mudah di Indonesia. Bahkan ada banyak informasi sejarah yang bisa anda dapatkan di bawah ini: 

Masjid Istiqlal

Destinasi wisata ala islami yang pertama adalah Majid Istiqlal. Masjid terkenal ini berlokasi di Jakarta dekat Monumen Nasional di pusat kota. Perlu diketahui masjid yang diprakarsai oleh Presden Sukarno ternyata didesain oleh arsitek beragama Kristen Protestan. 

Arsitek itu bernama Frederich Silaban dan sudah melakukan peletakan batu perama pada 24 Agustus 1951. Majid ini didesain dengan gaya arsitektur yang modern, ditambah dengan lantai dan dindingnya yang dilapisi oleh marmer. Dihias dengan ornamen geometrik yang terbuat dari baja anti karat. 

Destinasi wisata ala islami ini memiliki bangunan utama yang terdiri dari 5 lantai ditambah sebuah raksasa berdiameter 45 meter. Dan kubahnya dibuat dengan menggunakan 12 tiang besar. Ada 1 lantai dasar di masjid ini serta menaa tunggal yang menjulang ke arah selatan. 

Dengan tinggi sekitar 96,66 meter dan mampu menampung jamaah hingga 200 ribu orang saja. Bahkan disini sering melakukan berbagai kegiatan sosial. Bahkan sampai melakukan berbagai kegiatan organisasi islam lainnya disini. 

Istana Maimun

Destinasi wisata ala islami selanjutnya adalah Istana Maimun. Istana ini dibangun pada tanggal 26 Agustus 1888 oleh keturunan ke-9 Kesultanan Deli yaitu bernama Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. 

Dengan jumlah ruangan sebanyak 30 ruangan ini memiliki luas hingga 2.772 m2 dan berlokasi di jalan Brigadir Jenderal Katamso, Keluruhan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Tetapi istana ini baru diresmikan pada tanggal 18 Mei 1891 silam. 

Dari arsitektur destinasi wisata ala islami ini memperlihatkan alkulturasi antara budaya timur atau melayu islami dengan Eropa. Ada banyak sekali beragan ornamen bergaya Eropa disini, seperti meja, lemari, kursi, lampu hingga pintu dorong. 

Pada bagian atapnya cenderung berbentuk lengkung seperti bentuk perahu terbalik. Tetapi desain tersebut merupakan desain pada bagunan yang berada di kawasan Timur Tengah. Bagaimana? Tertarik mengunjungi Istana Maimun?

Masjid Agung Jawa Tengah

Destinasi wisata ala islami selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Berlokasi di kota Semarang, masjid ini terkenal dengan arsitektur yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. Ada 6 buah payung hidrolik yang akan mengembang secara otomatis ketika salat jumat atau hari raya tiba. 

Di dalam masjidnya, anda akan menemukan Al-Quran raksasa yang disimpan di kotak kaca dekat pintu utama. Ditulis secara langsung oleh seorang penulis kaligrafi dari Universitas Sains dan Ilmu Al-Qur’an dari Wonosobo, Jawa Tengah, bernama H. Hayatuddin. 

Ada pula replika beduk raksasa yang dibuat dari kulit lembu asal Australia dengan diameter 220 cm dan panjang 310 cm. Dibuat oleh para santri Pesantren Alfalah Mangunsari, Jatilawang, Banyumas, Jawa Barat. 

 

Berwisata Islami tidak perlu jauh-jauh ke Arab atau pun Mekkah, Indonesia masih memiliki beragam wisata islami yang unik. Tak heran beberapa destinasi wisata di atas bisa menjadi salah satu referensinya.