3 Wasiat Nabi Yang Perlu Anda Ketahui

02 Nov 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Istilah “Jawami’ul Kalim” mempunyai makna bahasa yang singkat namun ada arti yang sangat dalam. Hal inilah yang sering dijumpai pada sabda Rasulullah SAW yang sangat penting dalam hubungan manusia kepada Allah maupun manusia sesama manusia.

“Dari Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu Abdirrahman Muadz bin Jabal radhiyallahu ‘anhuma, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda, “Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada. Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskan (keburukan). Dan pergauilah manusia dengan akhlak yang mulia.” (HR. At-Tirmidzi, dan dia berkata: Hadits Hasan Shahih).

  1. Perintah Takwa Dimana Pun Kita Berada
    Rasulullah memerintahkan takwa semata, namun bertakwa dimana pun kita berada, baik di keramaian maupun dalam keadaan sendiri. Contoh kecilnya adalah saat sedang berpuasa. Ketika di keramaian, seorang umat yang mengamalkan takwa adalah dengan menahan diri dengan godaan. Namun, ketika sendirian tidak lantas membatalkannya. Hal ini terjadi  ketika kita memiliki rasa takwa yang besar kepada Allah SWT.

  2.  Segera Lakukan Amal Shalih

وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَ

       Hadist di atas menjelaskan tentang perintah untuk segera melakukan kebaikan ketika terjerumus dalam keburukan. Hadist di atas juga menjelaskan bahwa perbuatan baik akan menghapuskan dosa. Ketika seorang muslim terjerumus dalam dosa dan maksiat, maka wajib baginya untuk segera melakukan amal-amalan shalih.

3. Akhlak Mulia Kepada Manusia

Wasiat yang paling terakhir adalah perintah utnuk berakhlakul karimah kepada sesama manusia. Contoh paling sederhana dengan berakhlakul karimah adalah bertegur sapa dengan senyuman ketika bertemu dengan sesama. Dalam hadist disebutkan bahwa orang yang paling dengan dengan Rasulullah adalah orang yang paling bagus akhlaknya, tidak hanya dicintai Rasulullah namun manusia lainnya.

Kesimpulan, maka jagalah 3 wasiat yang berharga ini karena di dalamnya terkandung hablumminallah dan hablumminannas. Sehingga kita menjad insan yang dicintai oleh Allah, Rasulullah, dan Manusia. Aamiin...