5 Amalan-amalan Sunnah yang Sesuai Tuntunan Rasulullah Saat Lebaran Idul Fitri

25 Jun 2019

Umat Muslim di seluruh dunia telah melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan dan sekarang merayakan datangnya hari kemenangan yakni hari raya Idul Fitri. Setelah sebulan penuh menahan dan menjaga diri dari perbuatan dosa di bulan Ramadhan. Idul Fitri merupakan momen perayaan yang ditunggu umat muslim di seluruh dunia , karena pada hari itu umat muslim di seluruh dunia bergembira menyambut hari kemenangan.

Sambil berkumpul dan bersilaturahim dengan sahabat dan keluarga, kita bisa merayakan idul fitri sesuai tradisi di kota masing-masing, seperti ke rumah tetanggal untuk bermaaf-maafan dan menyambung tali persaudaraan. Kebiasaan baik tersebut tidak ada salahnya, namun sebenarnya rasulullah SAW sudah memberikan petunjuk amalan-amalan yang bisa kita lakukan saat hari raya Idul Fitri datang yang disunnahkan oleh baginda Nabi Muhammad. Berikut ini adalah amalan-amalan sunnah yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Mandi Besar

Mandi besar di ajaran agama Islam sangat penting untuk menghilangkan hadas atau najis yang ada pada tubuh kita. Tidak hanya di sunnahkan dilakukan pada hari jum’at saja tetapi mandi besar ini ternyata disunnah untuk dilakukan pada saat sebelum melakukan shalat Ied di masjid maupun tanah lapang. Dengan melakukan sunnah ini, tubuh akan terasa segar dan juga sekaligus untuk menghilangkan dan membersihkan tubuh dari najis kecil maupun najis besar.

Mengenakan Pakaian Terbaik

Selain membersihkan tubuh sebelum berangkat menunaikan shalat Idul Fitri, mengenakan oakaian terbaik saat berangkat shalat Ied juga termasuk sunnah Nabi Muhammad SAW loh. Mengenakna baju terbaik disini bukan berarti baru, namun bisa dengan menggunakan pakaian yang bersih, suci dan bisa menutupi aurat pada tubuh, walaupun tidak masalah juga jika mengenakan baju yang baru. Rasulullah pernah berkata kepada sahabat Hasan untuk memerintahkan menggunakan pakaian terbaik dan wangi-wangian terbaik (untuk laki-laki) dan berkurban dengan hewan yang paling berharga.

Makan Sebelum Shalat

Berbeda dengan saat hari raya Idul Adha yang disunnahkan untuk makan atau sarapan setelah menunaikan shalat Ied, tetapi pada saat Idul Fitri Rasulullah mensunnahkan untuk sarapan sebelum shalat Ied. Hal ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena pada saat berpuasa kita terbiasa sahur pagi hari, sehingga perut kita tidak sakit.

Menunaikan Shalat Ied di Tanah Lapang

Sunnah yang satu ini bisa dilakukan jika rumah kamu jauh dengan masjid atau jika masjidnya memiliki lapangan yang cukup luas untuk menampung semua jamaah, tidak ada larangan untuk menunaikannya dilapangan. Dari Abu Said Al Kudri, ia berkata, “Rasulullah SAW keluar menuju mushala (tanah lapang) pada hari Idul Fitri dan Idul Adha. Yang pertama beliau kerjakan adalah shalat.” (HR. Bukhari)

Bertakbir Pada Hari Raya

Allah SWT sangat senang dengan hambanya yang senantiasa mengingat-Nya. Di dalam AL-Quran Allah berfirman yan gartinya : “dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan shaum serta bertakbir mengagungkan Allah atas petunjuk-Nyayang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” . Ayat ini menjelaskan tentang melaksanakan takbir dengan menunggu datangnya waktu shalat Ied tiba.

Nah itulah beberapa sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW yang bisa kita contoh untuk mendapatkan pahala berlimpah dan berkah di hari kemenangan Idul Fitri ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.