5 Fakta Tentang Isra Miraj yang Perlu Anda Tahu

11 Mar 2019

Isra Miraj adalah sebuah peristiwa mulia dalam sejarah umat manusia dan umat Islam di seluruh dunia. Peristiwa Isra Miraj yaitu fenomenal yang menjadi salah satu Mukjizat Nabi Muhammad SAW. Siapa yang menyangka ternyata peristiwa mulia ini memiliki beberapa fakta yang perlu Anda ketahui, Inilah 5 fakta tentang Isra Miraj yang perlu Anda ketahui.

1. Arti Isra

Perjalanan Isra Miraj pada dasarnya adalah 2 hal yang berbeda, Isra sendiri secara etimologi yang artinya berjalan di waktu malam. Isra adalah perjalanan di malam hari Nabi Muhamamd SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Syam, yang Allah SWT abadikan di Al-Quran surat Al-Isra ayat 1 .

2. Arti Miraj

Sama seperti Isra, Miraj memiliki arti sendiri yakni naik atau alat yang digunakan untuk naik. Secara garis besar Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Al-Aqsa ke langit tertinggi yakni Sidratul Muntaha. Perjalanan Miraj Rasulullah juga diabadikan oleh Allah SWT di Al-Quran Surat An-Najm Ayat 12-18.

3. Tahun Duka Rasulullah

Sebelum peristiwa Isra dan Miraj, Nabi Muhammad SAW telah kehilangan dua orang tercintanya, yakni Istri tercinta dan Paman yang senantiasa melindungi Rasulullah dikala dakwa di kaum Quraisy. Umul Muminin Khadijah sangat dicintai oleh Nabi Muhammad SAW dan sekaligus menjadi seorang mukminah yang mengorbankan seluruh hartanya untuk dakwa Islam.

Paman tercinta Nabi Muhammad SAW, Abu Thalib meskipun tidak masuk Islam, namun paman Nabi ini memiliki banyak sekali jasa dalam perjalanan dakwah Rasulullah. Abu Thalib lah yang telah melindungi Nabi Muhammad ketika Quraisy yang akan mencelakainya. Sebelum melakukan perjalanan Isra dan Miraj Jibril membelah dada Nabi Muhammad lalu mencucinya dengan nampan emas berisi air zam-zam. 

4. Perintah Sholat 5 Waktu

Nabi Muhammad SAW saat perjalanan Isra dan Miraj saat tiba di Sidratul Mutaha, Rasulullah mendapatkan perintah Sholat 5 waktu dalam semalam sehari. Disinilah keistimewaan dari Sholat, yaitu jika ibadah lain diwahyukan ketika Nabi Muhammad berada di bumi, namun untuk mewajibkan Sholat 5 waktu Allah memanggil Rasulullah ke langit. 

5. Perjalanan Isra Miraj Terjadi Semalam

Hampir semua umat Islam mengetahui bahwa peristiwa Isra dan Miraj adalah perjalanan mulia rosulullah dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa si Syam dan dilanjut naik ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah Sholat 5 waktu, peristiwa ini terjadi kurang dari satu malam. Pada waktu itu, untuk menuju ke Masjidil Aqsa di Syam maka membutuhkan setidaknya waktu 40 hari dengan menaiki onta. Sedangkan Rosulullah untuk menempuhnya hanya dalam waktu semalam.

Semoga bisa menjadi pedoman kita menjadi lebih baik lagi dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Dan semoga dengan mengetahui fakta tentang Isra Miraj akan menguatkan iman kepada Allah dan Rasulnya.