5 Jenis Sedekah Yang Bisa Mendatangkan Kemuliaan Hingga Pahala Yang Besar

16 Aug 2021

Jenis sedekah pada umumnya memang beragam tergantung dengan kebutuhan para makhluknya. Tetapi bersedekah merupakan upaya untuk membelanjakan harta dengan niat karena Allah SWT bukan untuk yang lain. 

Sedekah biasanya dilakukan oleh orang yang mau memberikan sedekah. Lalu sedekah tersebut akan diberikan kepada orang yang tidak mampu. Ada banyak hal sedekah yang bisa dilakukan, contohnya seperti dibawah ini:

Bisa Menyantuni Anak Yatim

Salah satu jenis sedekah yang bisa dilakukan adalah dengan menyantuni anak yatim. Bahkan menyantuni anak yatim dipercaya merupakan perbuatan yang amat mulia. Biasanya ada banyak hal yang diberikan seperti makanan, uang hingga lainnya. 

Bahkan hal ini juga tercantum dalam surah Al Balad ayat 11-16 yang mengatakan kalau memberikan makan kepada orang yatim adalah salah satu hal terpuji. Bukan hanya anak yatim saja melainkan bisa memberikan makan kepada orang-orang fakir. 

Bahkan dengan melakukan jenis sedekah yang pertama ini bisa mendekatkan diri dengan Rasulullah di akhirat. Tetapi perbuatan ini memang bersifat sunnah, dilakukan mendapatkan pahala. Melainkan tidak dilakukan juga tidak berdosa. 

Menyumbang Pembangunan Masjid

Jika melihat adanya pembangunan Masjid tentu anda bisa langsung menyumbang dalam bentuk hal apapun. Hal itu termasuk salah satu sedekah yang memiliki pahala yang besar. Apalagi jika masjid itu akan digunakan oleh orang banyak. 

Tentu ada banyak sekali kelimpahan yang bisa anda dapatkan. Dalam hal ini perbuatan jenis sedekah menyumbang pembangunan masjid adalah sunnah. Hal ini juga terangkum ke dalam surat Al-Baqarah ayat 261. 

Menggunakan Harta Wakaf

Selain itu, jenis sedekah yang bisa bermanfaat adalah menggunakan harta wakaf sebaik mungkin. Dengan membagikan harta wakaf untuk dikelola tentu ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan hanya dengan bersedekah. 

Jenis sedekah ini juga tertera dalam surat Al-Baqarah ayat 261 yang mengatakan akan mendatangkah pahala dalam bentuk besar. Menggunakan harta wakaf dan memberikannya ke orang yang membutuhkan tergolong ke dalam sedekah Sabilillah. 

Membayar Penuntut Ilmu

Penuntut ilmu tentu akan memberikan jasanya pada masa depan. Atas kerja kerasnya, seharusnya para penuntut ilmu diberikan bayaran atas keteguhannya selama belajar. Misalnya dengan memberikannya beasiswa secara penuh hingga menyantuni sekolahnya. 

Hal ini termasuk salah satu jenis sedekah yang tergolog ke dalam Sabilillah. Bahkan sudah dijelaskan secara langsung di dalam surat Al-Baqarah ayat 261. Dengan membayar penuntut ilmu, termasuk salah satu upaya memberikan kebahagiaan kepada orang lain. 

Memberikan Makanan Kepada Hewan

Jika anda memiliki makanan yang berlebih, ada baiknya diberikan kepada hewan saja. Selain mendapatkan pahala, makanan bisa berguna bagi hewan dan tidak akan terbuang secara sia-sia. Bahkan hal ini dikatakan secara langsung didalam hadits. 

Kalau orang yang memberikan makanan atau minuman kepada hewan seperti anjing dan kucing maka orang itu bisa masuk surga. Bahkan Allah SWT tak segan- segan mengampuni dosa orang tersebut yang telah menolong hewan. Ternyata ada banyak sekali tipe sedekah yang bisa dilakukan.

 

Salah satunya dengan melakukan satu tipe sedekah yang sudah dijelaskan diatas. Selain bisa mendapatkan manfaat bagi diri sendiri tentunya hal ini bisa bermanfaat bagi orang lain. Diharapkan dengan kehadiran beberapa jenis tentang sedekah ini bisa membantu banyak orang dalam berbagi. Semoga informasi tentang sedekah bisa bermanfaat bagi banyak orang.