5 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

15 Jun 2022

 

Seorang anak disebut anak yatim bila sang ayah telah meninggal dunia. Sedangkan, jika sang ibu yang meninggal dunia bisa disebut piatu. Anak yang kehilangan orang tuanya harus menjadi perhatian kita semua, karena tidak ada seorang anak pun yang ingin lahir ke dunia dalam keadaan seperti itu. 

 

Dalam Al-Qur'an sendiri, menyayangi, menyantuni, dan mengasihi anak yatim adalah perbuatan baik yang dicintai oleh Allah SWT. Adapun yang kita lakukan untuk membantu mereka bisa berupa bantuan materi maupun non-materinon-materi seperti memastikan mereka memiliki makanan yang cukup, membantu dalam biaya pendidikan, ataupun membantu mereka mendapatkan tempat tinggal yang nyaman. 

 

Keutamaan-keutamaan Yang Akan Didapatkan Saat Menyantuni Anak Yatim

Membantu sesama adalah kewajiban setiap orang, terutama jika itu membantu anak yatim yang tidak bisa terpenuhi kebutuhan hidupnya karena kehilangan tulang punggung keluarga, yaitu sosok ayah. Itulah mengapa kita semua harus memelihara dan menyayangi mereka semampu yang kita bisa. 

Hal itu karena ada beberapa keutamaan yang akan kamu dapatkan jika melakukan amalan ini. Adapun keutamaan-keutamaan yang akan kamu dapatkan adalah sebagai berikut:

 

  1. Berada Dekat Dengan Rasulullah Di Surga

Salah satu keutamaan yang akan kamu dapatkan saat menyantuni dan memelihara anak yatim adalah masuk surga. Yang membuat spesial, di surga nanti kamu akan disandingkan dengan Rasulullah dalam surga yang sama. Bahkan kedekatan kalian dengan Rasulullah sama dengan kedekatan antara jari tengah dan jari telunjuk. Pastinya keistimewaan ini akan kita dapatkan jika menyantuni anak yatim dengan ikhlas tanpa ada keinginan untuk ria kepada orang lain. 

 

  1. Terjaminnya Masuk Surga

Siapa sih yang tidak mau masuk surga? Setiap orang yang menyantuni anak yatim akan dijaminkan surga oleh Allah SWT. Walaupun jika dalam kondisi tertentu kita tidak bisa berdekatan dengan Rasulullah, tetapi amalan ini akan tetap menjaminkan surga kepada kita. Itulah mengapa menyantuni anak yatim menjadi salah satu amalan yang istimewa. 

 

  1. Mendapatkan Gelar Abror

Abror merupakan gelar yang diberikan kepada hamba yang shaleh dan taat kepada Allah SWT. Dan orang yang menyantuni serta memberi makan anak yatim adalah orang-orang yang akan mendapatkan gelar ini. Lalu, saat kita menolong anak yatim maka secara tidak langsung kita juga akan mendapatkan  pertolongan dari Allah SWT. 

 

  1. Mendapatkan Pahala Yang Tidak Terputus

Beberapa amalan akan terputus setelah kita meninggal dunia. Namun, memelihara anak yatim bisa menjadi pahala di akhirat kelak karena amalannya tidak akan terputus walaupun kita meninggal dunia. Selain itu, amalan ini juga akan menjauhkan kita dari siksa neraka yang pedih. Jadi, jika kamu ingin menabung pahala untuk kebahagiaan di akhirat nanti, salah satu amalan yang bisa kamu lakukan adalah menyantuni anak yatim. 

 

  1. Ibadah Sosial Amar Makruf Nahi Mungkar

Mengasihi anak yatim tidak hanya salah satu bentuk amalan untuk mendapatkan ridha Allah SWT, tetapi juga salah satu bentuk ibadah sosial dimana kita ikut andil dalam mensejahterakan masyarakat sekitar. Bahkan keutamaan amalan ini akan melunakkan hati kita, tercukupinya kebutuhan hidup, dan mendapatkan perlindungan di hari kiamat. 

 

Itulah lima keutamaan yang akan kita dapatkan jika menyayangi dan memelihara anak yatim. Pastinya ini bukan satu-satunya amalan yang bisa kita lakukan. Tetapi, jika kamu mengetahui ada anak yatim di sekitar kalian, kamu bisa mulai untuk membantu mereka dari hal-hal terkecil yang kamu mampu agar tidak ada lagi anak yatim yang hidup dalam kekurangan.