5 Manfaat Beramal Bagi Kehidupan Di Dunia Dan Di Akhirat

22 Feb 2023

Manfaat beramal tidak hanya bisa kita rasakan saat berada di dunia saja tetapi juga di akhirat. Amal yang bisa kita lakukan pun bermacam-macam mulai dari beramal kepada sesama atau pun beramal sholeh kepada Allah SWT seperti beribadah dan menjauhi segala larangan-Nya. 

Pasti kamu juga pernah mendengar bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Itu lah kenapa melakukan amal kebaikan harus kita lakukan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa membangun kebiasaan baik dalam diri kita. 

 

Manfaat Beramal Dan Cara Melakukannya

Berbuat amal baik bisa tidak melulu soal materi, kita bisa beramal menggunakan apa yang kita miliki seperti ilmu pengetahuan atau membantu orang lain semampunya baik itu dengan tenaga maupun pikiran. Berikut ini adalah beberapa manfaat beramal dan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari:

 1. Melipatgandakan Pahala

Jangan pernah takut miskin jika kamu mengamalkan sebagian harta kepada orang lain. Beramallah dengan ikhlas, karena Allah SWT akan senantiasa melipat gandakan harta yang kita sisihkan. Kamu bisa beramal melalui infaq atau sedekah, tidak perlu besar, sedekahkan hartamu sesuai kemampuan dengan niat yang baik dan tulus. 

 

2. Menghapus Dosa-dosa

Tidak ada satu pun manusia yang luput dari dosa. Salah satu manfaat beramal adalah menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Bentuk amalan paling sederhana yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah membantu orang lain yang sedang kesulitan atau pun membagikan ilmu pengetahuan yang kita miliki untuk kepentingan orang banyakbanyak misalnya dengan mengajarkan mengaji di masjid sekitar rumah atau mengajarkan ilmu pengetahuan umum kepada anak-anak yang putus sekolah. 

 

3. Mendatangkan Rezeki Yang Melimpah

Manfaat beramal yang sudah dirasakan oleh banyak orang adalah dilipat gandakan rezekinya. Saat kamu menggunakan rezeki yang kamu miliki di jalan Allah SWT, tanpa kamu sadari rezeki itu akan datang kembali dengan jumlah yang lebih banyak. 

Misalnya, saat kamu memberikan separuh gaji kepada orang tua, kamu akan diberikan kelancaran rezeki oleh Allah SWT. Namun, tetap perlu diingat bahwa amal yang baik harus dilakukan secara ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun. 

 

4. Meringankan Kesulitan Yang Sedang Dialami

Saat kita sedang dilanda kesulitan bukan berarti kita harus berhenti membantu orang lain. Justru salah satu manfaat beramal adalah akan meringankan kesulitan yang sedang kita alami. Jika kita sedang kesulitan dan melihat tetangga kita kekurangan makanan, bantulah mereka dengan makanan yang kamu miliki, karena kebaikan yang kamu lakukan akan berbuah kebaikan juga. 

Jadi, tetap berbuat baik kepada sesama dan memasrahkan diri kepada Allah SWT karena setiap amalan yang kita lakukan akan menyelamatkan kita dari semua kesulitan di dunia dan akhirat. 

 

5. Membuat Hidup Menjadi Lebih Bahagia

Pasti kamu pernah merasakan, saat membantu teman atau saudara kita yang kesulitan secara tidak lansung kamu merasa bahagia. Ya, ternyata beramal membuat hidup kita lebih bahagia dan bermakna. Hal itu karena ada kepuasan pribadi yang kita rasakan saat kita bisa membantu orang lain.

Itulah beberapa manfaat beramal yang akan kamu dapatkan jika melakukan amal baik. Terus biasakan berbuat baik kepada orang sekitar agar hidup kita dipermudah oleh Allah SWT. Apabila, kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak. Kamu bisa mengajarkan kebiasaan baik kepada anak sejak dini. Dengan begitu, kebiasaan beramal baik akan terbangun dengan sendirinya.