5 Manfaat Sholat Dhuha, Pengabul Rezeki Hingga Pengabul Keinginan

29 Jul 2021

Ada banyak sekali manfaat sholat dhuha yang dirasakan jika anda menjalankannya dengan rutin. Dalam menjalankan sholat dhuha ini tentu harus memiliki niat yang sungguh-sungguh. Dan menjalankannya dengan sepenuh hati. 

Sama dengan sholat tahajud, shalat dhuha merupakan salat sunnah yang membedakan hanya pada jam waktu salat saja. Kalau shalat dhuha bisa dimulai setelah terbitnya matahari dan sebelum adzan dzuhur berkumandang. Berikut ini ada beberapa manfaatnya:

Diampuni Dosanya

Salah satu manfaat sholat dhuha yang bisa dirasakan adalah diampuni dosanya. Allah SWT tidak akan memberikan kesulitan bagi para umatnya. Terutama bagi dosa yang disengaja maupun dosa yang tak disengaja akan langsung diampuni oleh Allah. 

Pada dasarnya manusia memang merupakan orang yang pelupa dan suka khilaf dalam melakukan berbagai hal. Tetapi ada baiknya setelah melakukan sholat dhuha yaitu berserah diri dan meminta ampunan sebesar-besarnya kepada Allah SWT. Hal ini juga tercantum dalam Hadits Riwayat At-Tirmidzi. 

HR At-Tirmidzi juga mengatakan siapa saja yang sering melakukan sholat dhuha maka dosanya akan diampuni. Baik sekecil butiran maupun sebesar lautan dan sudah jelas Allah sudah memastikan hal tersebut. 

Memiliki Rumah Di Surga

Jika sekarang anda tidak memiliki rumah di duniawi, maka sholah dhuha lah dan Allah akan memberikan rumah di Surga. Ini merupakan salah satu manfaat sholat dhuha yang bisa anda dapatkan. Maka berlomba-lomba lah dalam kebaikan niscaya balasan itulah yang akan didapatkan. 

Hal ini sesuai dengan hadits bernama Shahih Al-Jami No 634 yang mengatakan barang siapa yang melakukan shalat dhuha 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya. Maka orang itu akan dibangunkan rumah di surga. 

Bukan hanya itu saja, bahkan manfaat sholat dhuha lainnya yaitu anda akan dibukakan pintu surga. Hal ini juga tertera dalam hadits Riwayat At-Thabrani. Dan hadits itu berkata, di surga terdapat pintu yang bernama pintu dhuha. 

Nanti setelah kiamat, pintu dhuha itu berseru “dimana orang yang di dunia selalu mengerjakan shalat huha? Masuklah ke dalam dengan ramah Allah”. Tak lama para orang yang sering salat dhuha bisa dengan mudah dipersilakan masuk ke dalam sana. 

Tercukupi Rezeki

DI dunia, rezeki itu beragam bukan hanya sebatas harta dan kekayaan saja. Melainkan diberikan kesehatan hingga saat ini merupakan salah satu rezeki yang bisa anda dapatkan. Bahkan hal ini termasuk ke dalam salah satu manfaat sholat dhuha

Bagi sebagian orang di dunia lebih menginginka rezeki berupa uang, padahal rezeki yang diberikan oleh Allah sangat banyak. Contohnya seperti diberikan keluarga yang sholeh dan sholehah, menghindari dari berbagai masalah yang terjadi. 

Hal ini tercantum dalam hadits Riwayat Ahmad dan berkata jangalah meninggalkan 4 rakaat untuk mengawali hari. Niscaya ada banyak rezeki yang akan anda dapatkan sepanjang hari tersebut. Berawal dari hadits tentu mengingatkan anda agar tetap bersyukur di situasi apapun.

Terhindar Dari Sifat Lupa

Manfaat sholat dhuha yang selanjutnya adalah terhindar dari sifat lupa. Setiap orang tentu akan dibekali dengan sifat tua di masa tua. Salah satunya bisa dilakukan dengan bertaubat kepada Allah dengan mengakui berbagai kesalahannya.

Ternyata jika melakukan sholat dhuha yang rutin dan melakukannya dengan sepenuh hati. Tentu ada banyak sekali hal yang bisa didapatkan. Terutama masalah rezeki yang selalu diminta oleh para umat islam di dunia.