6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Yang Ampuh Bagi Umat Islam

23 Jul 2021

Amalan pembuka pintu rezeki merupakan salah satu hal yang berkaitan tentang kegiatan agama. Kalau biasanya amalan yang bisa dilakukan hanya dengan berikhtiar saja. Sekarang sudah ada berbagai amalan pembuka rezeki yang bisa dilakukan oleh umat islam. 

Bagi sebagian umat muslim, mendapatkan rezeki adalah karunia Allah SWT yang harus disyukuri. Tak heran dengan mengamalkan beberapa amalan ini umat islam bisa mendapatkan rezeki yang berlipat ganda. Berikut ini ada beberapa amalan yang bisa dilakukan:

Istighfar

Amalan yang pertama yaitu istighfar, melakukan istighfar bisa dilakukan dimana saja. Baik di kamar, di kantor, di masjid atau di tempat lainnya. Hal yang terpenting adalam melakukan amalan pembuka pintu rezeki adalah memiliki niat yang kuat dan langsung beristighfar. 

Bahkan istighfar termasuk salah satu amalan yang sudah dianjurkan oleh Allah SWT. Jika anda memiliki dosa maka beristighfar lah dan bertobat. Dan niscaya Allah akan mengampuni segala dosa dan akan mengirimkan hujan yang lebat kepadanya. 

Meninggalkan Perbuatan Dosa

Agar bisa mendapatkan sebuah amalan dari sang kuasa, anda harus meninggalkan perbuatan dosa. Contohnya saja seperti mencuri, berjudi, menipu orang lain dan masih banyak beberapa perbuatan dosa yang harus ditinggalkan.

Hal ini juga dikatakan langsung oleh hadits Allah SWT yaitu dalam riwayat At-Tirmidzi. Dan di dalam hadits itu mengatakan seseorang akan diharamkan rezekinya atas dosa yang dibuat olehnya. Dengan melakukan amalan pembuka pintu rezeki mengharapkan anda untuk meninggalkan perbuatan dosa negatif.

Bertakwa Kepada Allah

Dengan bertakwa kepada Allah, ada banyak hal yang bisa didapatkan seorang umat. Salah satunya Allah akan mempermudah jalan bagi para umatnya yang sedang melakukan perjalanannya. Bahkan, Allah tak segan-segan memberikan rezeki yang berlipat ganda dari berbagai arah. 

Bagi para umat islam yang masih menginginkan rezeki dari Allah  SWT, maka bertakwalah kepada Allah. Niscaya Allah akan memberikan amalan pembuka pintu rezeki yang tak disangka-sangka. Hal ini tercantum dalam surah Ath-Thalaq ayat 2-3. 

Jangan Lupa Untuk Beribadah

Walaupun menjalankan amalan pembuka pintu rezeki yang disarankan oleh Allah SWT, bukan berarti bisa meninggalkan salat begitu saja. Ada baiknya melakukan salat wajib terlebih dahulu, dengan begitu tak akan berdosa kepada Allah SWT. 

Melalui haditsnya, Allah juga mengatakan siapa saja yang berani menyembah Allah SWT, Allah SWT akan membuat hati umatnya kaya. Dan bisa terhindar dari kefakiran duniawi. Hal ini tercantum dalam Riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah, dan al-Hakim dari Abu Hurairah ra. 

Berusaha

Jika semua hal amalan pembuka pintu rezeki sudah dilakukan tetapi belum mendapatkan hasil tentu para umatnya harus tetap berusaha. Allah mengatakan melalui surahnya, Allah tidak akan mengubah nasib seseorang sebelum orang itu yang mengubahnya. Terdapat di dalam surah Ar-Radu ayat 11. 

Berbuat Baik

Berbuat baik kepada orangtua, sahabat hingga kerabat merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan. Bahkan Allah juga bersabda, Allah akan memberikan rezeki yang berlimpah bagi orang yang selalu berbuat kebaikan. Lain hal, Allah akan bersikap zalim pada orang yang selalu berbuat keburukan. Tercantum dalam hadits Allah bernama HR Ahmad. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh umat islam dalam membuka pintu rezeki. Salah satunya melalui beberapa amalan yang bisa dilakukan diatas. Selain melakukannya, umat islam yang menjalankannya dengan sepenuh hati akan mendapatkan imbalannya di hari esok.