6 Manfaat Sholat Dhuha yang Dapat Membuat Anda Rajin Sholat Dhuha

18 Jul 2022

Segala ibadah atau amalan yang baik yang Anda lakukan, pasti segala keutamaannya atau manfaatnya akan kembali ke diri Anda sendiri, termasuk manfaat sholat dhuha. Ya, ini adalah salah satu amalan baik yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah SAW, bahkan Baginda Rasulullah SAW selalu mengingat agar umatnya untuk mengejar amalan ini meskipun sholat dhuha termasuk sunnah.

Kekasihku Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah berwasiat kepadaku mengenai tiga perkara agar tidak aku tinggalkan hingga mati; Puasa tiga hari setiap bulan, mengerjakan shalat dhuha dan tidur dalam keadaan sudah melaksanakan shalat Witir." (HR. Bukhari). Itulah hadist mengenai ajaran Rasulullah SAW untuk mengajak umat Islam agar menunaikan sholat dhuha.

Perlu diketahui memang ada banyak sekali keutamaan dari sholat dhuha, salah satunya adalah memudahkan seseorang untuk mendapatkan rezeki. Namun masih banyak keutamaan atau manfaat lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya. 

1. Manfaat Sholat Dhuha Dibuat Istana di Surga 

Kenikmatan di surga jelas tak bisa dibandingkan dengan kenikmatan di dunia, maka dari itu banyak orang berlomba-lomba mencari pahala agar dapat masuk surga. Nah, salah satu keutamaan dari sholat dhuha adalah akab dibuat istana di surga. Dalam hadits riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda jika barang siapa yang melaksanakan sholat dhuha 12 rakaat, maka Allah SWT akan membangunkan istana di surga. 

2.  Manfaat Sholat Dhuha Agar Diampuni Dosanya 

Manfaat sholat dhuha selanjutnya adalah Allah akan mengampuni dosa-dosa umatnya untuk mengerjakan sholat dhuha di pagi hari. Tentunya ini berdasarkan hadits, yaitu Rasulallah SAW bersabda 'Barang siapa yang melaksanakan sholat dhuha dengan langgeng, maka Allah SWT akan mengampuni dosanya, meskipun dosan tersebut sebanyak buih di lautan' (HR. Tirmidzi) 

3. Manfaat Sholat Dhuha Agar Dipermudah Segala Urusan 

sholat dhuha pun akan membuat Anda merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan selalu memohon ampun, dan bersujud kepada Allah SWT, maka Allah pun akan memudahkan segala urusan Anda. sholat dhuha pun menjadi waktu yang tepat untuk berdoa, sebab oada waktuk ini malaikat juga akan membantu dengan cara meminta Allah SWT agar doanya diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT. 

4. Manfaat Sholat Dhuha Amalannya Setara Dengan Sedekah 

Amalan sholat dhuha setara dengan amalan sedekah. Nah, sedekah yang dimaksud di sini adalah sedekah untuk tubuh dengan cara senantiasa melakukan dua rakaat sholat dhuha dan berzikir. Dalam riwayat Ahmad, Muslim, dan Daud, yang menyatakan jika dua rakaat sholat dhuha dapat mengganti atau setara dengan amalan sedekah yang berupa membaca bacaan tasbih, tahmid, tahlil, takbir, menyuruh kebaikan, dan melarang keburukan. 

5. Manfaat Sholat Dhuha Agar Memudahkan Rezeki 

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika manfaat sholat dhuna salah satunya adalah memperlancar rezeki. Rasullullah SAW bersabda, 'Sesungguhnya Allah Ta'ala berfirman 'Wahai anak Adam, dirikanlah sholat untuk Ku empat rakaat soda saat permulaan siang, maka niscaya akan Aku cukupi segala kebutuhannmu pada sore harinya." (HR Turmudzi). 

6. Manfaat Sholat Dhuha Agar Terhindar Sifat Lalai 

Sifat lalai dapat mendatangkan kerugian baik untuk diri sendiri atau orang lain. Maka dari itu, setiap orang ingin terhindar dari sifat lalai dan ingin agar selalu dilindungi oleh Allah SWT. Nah, manfaat selanjutnya dari sholat dhuha adalah akan terhindar dari sifat lalai. 

 

Itulah beberapa manfaat sholat dhuha yang harus Anda ketahui sebagai umat Islam, sebenarnya masih ada banyak sekali manfaatnya. Nah, semoga dengan mengetahui berbagai keutamaannya, maka bisa mendorong Anda untuk mendirikan sholat dhuha dengan ikhlas dan hanya karena Allah Ta'ala saja.