6 Tipe Wanita Idaman Muslimah Yang Patut Untuk Dinikahi

18 Sep 2021

Menikahi seorang wanita idaman muslimah merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang pria. Tetapi dalam memilih seorang pasangan tentu harus dilakukan berbagai aspek. Mulai dari kemampuan islaminya, parasnya hingga kekayaan. 

Tak heran ada banyak sekali tipe yang harus anda ketahui dalam memilih wanita muslimah. Tetapi setiap orang tentu memiliki perbedaan antara satu sama lain. Sebisa mungkin pria harus memiliki kriteria tersendiri supaya memudahkan anda dalam memilih pasangan. 

Taat Agama

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Perempuan itu dikawini atas empat perkara, yaitu: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya atau karena agamanya. Akan tetapi, pilihlah berdasarkan agamanya agar dirimu selamat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dari kehadiran hadits tersebut mengatakan setiap pria harus memiliki gambaran yang jelas tentang kriteria wanita idaman muslimah. Contohnya mulai dari keturunan, kemampuan agamanya sampai kecantikannya. 

Dari Keluarga Baik

Kemudian usahakan memilih seorang wanita idaman muslimah yang memiliki asal usul yang baik. Tentu ini akan berpengaruh ke dalam keturunannya. Jika mencari orang dengan tidak baik maka hasil yang didapatkan juga akan tidak baik. 

Jika anda melihat kebiasaan yang bertentangan dengan islam lebih baik dihindari saja. Daripada setelah sudah menikah, anda baru merasakan hasilnya. Contohnya saja seperti berjudi, membuatkan praktik haram hingga kegiatan negatif lainnya. 

Masih Perawan

Jika ingin menikahi seorang wanita utamakan yang masih perawan, karena wanita perawan masih suci. Bahkan belum pernah mengenal kemesraan dengan pria lain, sehingga sangat disarankan untuk menikahi wanita idaman muslimah

Walaupun mengutamakan wanita yang perawan, bukan berarti anda dilarang menikahi seorang janda. Sah – sah saja jika anda ingin menikahi seorang janda, asal anda bisa menerima kekurangan dan kelebihannya. 

Penyabar

Menjadi seorang wanita idaman muslimah memang pasti akan menghadapi berbagai macam tantangan. Salah satu caranya tentu seorang wanita harus penyabar. Hal ini juga diungkapkan secara langsung dalam kisah Asiyah binti Muzaahim radhiyallahu ‘anha. 

Allah pun pernah berfirman dalam Q.S. At-Tahriim pada ayat 11 yang berkata: “Ya Allah, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kamu yang zhalim”.

Bisa Menyenangkan Hati Pasangan

Allah pun berfirman dalam surah An-Nisaa’ ayat 3 yang berkata: “Jika takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi,...”.

Kehadiran ayat tersebut menyatakan anda boleh menikahi wanita idaman muslimah manapun yang ingin dinikahi. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti sikap baik hati, akhlak hingga kepribadian seseorang. 

Amanah

Selain istri harus menyenangkan hati suaminya, seorang istri harus bersikap amanah kepada suaminya. Misalnya seperti melakukan kegiatan sehari-hari dan membantu suami. Tentu hal itu adalah tanggung jawab seorang istri yang harus dilakukan dengan baik. 

Dengan amanah dalam melakukan berbagai tanggung jawab tentu seorang istri tidak akan melakukan semena-mena. Melainkan seorang istri harus bisa menahan amanah harta benda suami jika suami sedang tidak ada di rumah. 

Menjadi seorang wanita idaman muslimah yang sholehah bisa dimulai dengan menghormati suami. Melainkan bagi seorang istri surga ada di telapak suami, maka hormatilah selagi suami masih bernafas hingga saat ini. Niscaya kehidupan rumah tangga akan tetap berjalan dengan lancar dan terhindar dari marabahaya.