7 Manfaat Membaca Al-Qur'an Setiap Hari

30 Dec 2019
Source: islampos.com

Membaca Al-Quran adalah salah satu ibadah yang akan mendatangkan banyak sekali kebaikan dan sekaligus pahala untuk sang pembacanya. Namun Apa saja keutamaan membaca Alquran setiap hari?

Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat. Al-Quran sendiri menjadi salah satu bukti yang tidak terbantahkan tentang Nabi Muhammad sebagai Rasulullah sekaligus juga sebagai islam agama yang rahmatan lil'alamin. Allah SWT juga berjanji kepada orang-orang yang senantiasa membaca Al-Quran setiap harinya. Sebagaimana firman-Nya yang memiliki arti,

"Sesungguhnya Kami lah yang menurunkan Al-Quran dan sesungguhnya Kami pula yang memiliharanya." (QS. Al-Hijr [15]:9).

Berikut ini beberapa keutamaan membaca Alquran setelah sholat yang perlu dibaca setiap hari yang perlu Anda ketahui.

1. Derajatnya Diangkat

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Al-Quran dan mempelajari isi kandungannya serta mengamalkannya setiap hari. Anda bisa memulai untuk mempelajarinya dan mengamalkannya kepada orang-orang terdekat Anda seperti saudara ataupun teman dekat.

2. Pahala Berlipat

Selain Allah akan angkat derajat bagi orang yang senantiasa menjaga dan membaca Al-Quran, akan tetap akan berlipat ganda juga pahala orang yang membaca Al-Quran setiap hari. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

3. Pertolongan Allah SWT di Hari Kiamat Kelak

Keutamaan membaca Al-Quran dengan tartil akan mendapatkan syafaat (pertolongan) pada hari Kiamat.

4. Mendapatkan Ketenangan Hati

Seperti yang sudah Allah Abadikan di dalam Al-Quran surat surah Al-Isra [17] ayat 82 bahwa Alquran diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga keutamaan membaca Alquran di rumah ataupun di masjid akan mendapatkan ketenangan jiwa.

5. Dihadiri Malaikat

Siapa yang menyangka ternyata rumah orang yang gemar membacakan Alquran di dalamnya mampu membuat malaikat masuk dan mendoakannya. Rumah yang dibuat untuk membaca Alquran akan dihadiri malaikat. Penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.

6. Terbebas dari Aduan Rasulullah SAW pada Hari Kiamat

Memperbanyak membaca Alquran akan mengantarkan kemudahan ketika kita menghadap Allah SWT.

7. Ditempatkan Bersama Malaikat

Bagi mereka yang mahir dan lancar membaca Al-Quran, Allah SWT memiliki hadiah tersendiri yakni nantinya akan ditempatkan bersama malaikat-malaikat pencatat yang patuh kepada Allah yang selalu berbuat kebaikan. Menurut al-Qurthubi sebagaimana dikutip dalam kitab Fathul Bârî, yang dimaksud mahir di sini adalah orang yang cerdas, maksudnya, hafalan dan tajwidnya sama-sama mempunyai kualitas bagus, tidak perlu mengulang-ulang.

Beberapa hal diatas adalah apa yang akan Anda dapatkan saat rutin membaca Al-Quran setiap hari. Masih banyak lagi hal-hal baik yang bisa Anda dapatkan saat rutin membaca Alquran mulai dari dilancarkan rizki hingga jodoh.