7 Manfaat Puasa Senin-Kamis, Mendapatkan Pahala Serta Memiliki Banyak Keutamaannya

09 Sep 2021

Menjalankan ibadah puasa memang memiliki banyak hal, salah satunya manfaat puasa senin-kamis. Puasa senin dan kamis dipercaya bisa mendapatkan banyak keutamaan apalagi jika dilakukan secara rutin. 

Dalam hal ini, puasa senin kamis sendiri sudah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Salah satu hal yang bisa didapatkan adalah bisa diampuni dosa-dosanya. Baik dosa yang dilakukan secara sengaja maupun dosa yang dilakukan secara tak sengaja. Berikut ini ada beberapa manfaatnya:

Hari Diangkatnya Amal

Hari Senin dan Kamis merupakan kedua hari yang dianjurkan untuk berpuasa. Sebab di kedua hari itu malaikat akan menyampaikan amal manusia kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Salah satu manfaat puasa senin-kamis adalah tercatat sebagai hari diangkatnya amal. 

Bahkan hal ini juga tercatat dalam sebuah hadits bernama Hadits Riwayat Imam Tirmidzi yang bersumber dari Usamah bin Zaid. Hadits tersebut berkata jika amalan sedang dihadapkan kepada Allah maka lebih baik berpuasalah. 

Hari Kelahiran Nabi

Hari Senin merupakan salah satu hari kelahiran nabi, maka para umatnya diperintahkan untuk menjalankan puasa sunnah. Salah satu manfaat puasa senin-kamis ini harus diketahui bagi para umat islam. 

Menurut Hadits Riwayat Muslim kalau di hari itu nabi Muhammad SAW dilahirkan. Dan pada hari itulah Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Selain itu, di hari itu juga Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyunya untuk pertama kali. 

Dibukakan Pintu Surga

Hari senin merupakan salah satu hari dimana pintu surga akan dibukakan secara lebar. Ini adalah salah satu manfaat puasa senin-kamis yang bisa dirasakan. Bahkan hal ini dikatakan langsung oleh hadits yang diriwayatkan Imam Muslim bersumber dari Abu Hurairah. 

Hadits itu berkata pintu surga hanya dibuka pada setiap hari senin dan kamis. Pada hambanya setia yang tidak berbuat syirik kepada Allah lah yang hanya diampuni. Tetapi hanya orang yang memiliki permusuhanlah yang tak akan diampuni. 

Bisa Melatih Kesabaran

Salah satu manfaat puasa senin-kamis adalah bisa melatih kesabaran. Selain melatih kesabaran, tentu setiap umat islam yang berpuasa akan bisa meredam hawa nafsu. Sehingga bisa menahan berbagai keinginan yang tak perlu. Ada banyak sekali hal lainnya seperti bisa meningkatkan kualitas ketakwaannya kepada Allah SWT. 

Bisa Melatih Kedisiplinan

Dalam berpuasa, anda akan dilatih kedisiplinannya. Misalnya orang yang berpuasa tidak mungkin melakukan hal yang sudah jelas-jelas dilarang oleh Allah SWT. Jika melakukan larangan Allah, umat islam akan mendapatkan dosa dan bisa membatalkan puasa.

Terhindar Dari Godaan Setan

Salah satu manfaat puasa senin-kamis yaitu bisa terhindar dari godaan setan terkutuk. Dengan menjalankan ibadah puasa ini akan terhindar dari berbagai pengaruhnya. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan puasa sunnah agar bisa menjauhkan dari pengaruh buruknya. 

Bisa Meningkatkan Amal Ibadah

Dengan melakukan puasa sunnah bisa meningkatkan amal ibadah yang dimiliki setiap umat. Biasanya amal ibadah berguna agar bisa mendapatkan pahal dari Allah SWT. Tentu dengan melakukan puasa sunnah ini memang memiliki banyak sekali manfaatnya. 

Terutama bagi para wanita yang masih memiliki hutang puasa bisa membalasnya dengan berpuasa sunnah. Untuk berpuasa sunnah ini memang ada banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah puasa senin kamis. Tetapi sebelum berpuasa usahakan mengetahui niatnya terlebih dahulu agar puasa yang dilakukan bisa menjadi sah. Dan puasanya bisa dianggap oleh Allah SWT.