8 Amalan Sunnah Nabi untuk Dilakukan Setiap Hari

17 Oct 2020
Sumber foto: www.unsplash.com

Sebagai manusia dan umat muslim yang beriman kepada Allah SWT, Anda tentu perlu melakukan amalan-amalan untuk mencapai ridha-Nya. Amalan-amalan tersebut dapat berupa ibadah wajib maupun ibadah Sunnah.

Ibadah Sunnah walaupun tidak harus selalu amalan yang berat, namun dari amalan Sunnah ringan yang Anda lakukan bisa jadi menjadi sebab turunnya rahmat Allah SWT.

Berkaitan dengan amalan Sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun,” (HR Ibnu Majah: 209).

Selain itu Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari berkata, “Orang muslim yang paling utama adalah orang yang menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan (manusia), maka bersabarlah wahai para pencinta sunnah (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam), karena sesungguhnya kalian adalah orang yang paling sedikit jumlahnya (di kalangan manusia).”

Delapan amalan Sunnah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri adalah sebagai berikut ini, Tahajjud, Tilawah Al-Quran, Dzikir, Shalat Sunnah, Shalat Dhuha. Sedekah, Wudhu, Istighfar.

Melaksanakan kedelapan Sunnah diatas seperti yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dapat dilakukan setiap hari dan dimulai dari hal yang menurut Anda paling ringan. Seperti misalnya menjaga istighfar dapat membuka pintu rezeki dan menghapus dosa-dosa.

Jika memutuskan untuk melakukan Sunnah sedekah setiap hari, maka Allah SWT akan membalasnya berlipat-lipat kali. Konsisten dalam melaksanakan sholat Sunnah rawatib setelah shalat wajib akan mendapatkan manfaat dibangunkan rumah di Surga. Serta menjaga Tahajjud maka doa akan mudah terkabul dan Anda akan lebih dekat kepada Allah SWT.