Adab Ketika Mendengar Adzan

17 Apr 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Adzan merupakan panggilan shalat bagi umat Islam untuk menunaikan shalat fardhu dan itu artinya setiap hari selma lima kali kita akan mendengar adzan yang dikumandangkan. Sebagai umat Islam yang beriman, kita harus mengetahui adab-adab yang baik ketika kita mendengarkan adzan. Berikut adalah adab yang harus dilakukan ketika mendengarkan adzan!

1.      Diam dan Menghentikan Aktivitas Sesaat

Walaupun tidak terdapat larangan untuk berbicara di tengah-tengah menjawab adzan, namun yang lebih utama adalah diam mendengarkan serta menjawabnya. Kecuali kejadiannya seperti yang telah difatwakan oleh Asy-Syaikh Abdullah ibnu Abdirrahman t, seorang alim dari negeri Najd, Ad-Durarus Saniyyah fil Ajwibah An-Najdiyyah ia sedang membaca Al-Qur’an, lalu Adzan berkumandng maka ia tidak boleh menjawab Adzan di tengah bacaannya sehingga tercampur. Yang seharusnya ia lakukan adalah menghentikan bacaan Al-Qur’an lalu menjawab adzan.

2.      Mengucapkan Seperti yang Diucapkan Muadzin

Dalam hadist riwayat Muslim, dijelaskan tentang keutamaan menjawab adzan akan mendapat pahala :

Artinya : “Apabila kalian mendengar azan, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan muazin. Kemudian bershalawatlah kalian kepadaku. Karena siapa saja yang bershalawat kepadaku satu kali shalawat, Allah pasti memberikan kesejahteraan kepadanya sepuluh kali lipat. Kemudian mintakanlah kepada Allah wasilah untukku, karena ia adalah satu kedudukan di surga yang tidak layak kecuali untuk seorang hamba Allah, dan aku berharap akulah hamba Allah itu. Barangsiapa yang memintakan untukku wasilah, ia pasti mendapatkan syafa’at.”

3.      Berdo’a Sesudah Adzan

Rasulullah SAW bersabda yang telah diriwayatkan oleh Bukhari tentang hukum membaca puji-pujian setelah dikumandangkannya adzan,

“Barangsiapa mengucapkan setelah mendengar adzan ‘allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah’ (Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan padanya], maka dia akan mendapatkan syafa’atku kelak.”

Setelah itu dilanjutkan dengan membaca doa di tengah-tengah antara adzan dan iqamat yang diriwayatkan oleh Abu Dawud :

Doa antara adzan dan iqamat tidak ditolak”

4.      Menyegerakan Shalat

Bersegera untuk mendatangi masjid dan menyelenggarakan shalat berjamaah ternyata menyimpan pahala yang besar. Hal ini telah diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim tentang hamba yang akan mendapat naungan Allah salah satunya adalah yang segera hadir ke masjid setelah berkumandangnya adzan.

“Dan seseorang yang hatinya terpaut dengan masjid-masjid.”Riwayat Imam Malik menyebutkan, “Dan seseorang yang hatinya terpaut dengan masjid saat keluar darinya, hingga ia kembali lagi padanya.”

Semoga adab seorang muslim yang telah dipaparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat diamalkan. Aamiin Aamiin ya Rabbal Alamiin.