Agama Islam dan Kemerdekaan

14 Aug 2019

Hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 akan segera datang, dan semua orang bersuka cita atas kedatangannya. Hari bersejarah ini dirayakan dengan situasi kegembiraan yang sama setiap tahun oleh setiap warga negara Indonesia sebagai tanggal lahirnya Negara Indonesia. Bendera merah dan putih berkibaran dengan gagah di setiap rumah dan tiang-tiang dengan diiringi lagu kegembiraan dan kebangsaan yang mengharukan.

Makna dari Kemerdekaan

Makna dari kemerdekaan sendiri adalah dalam bahasa Arab disebut Al-Istiqlal, dan hari kemerdekaan di sebut Ied Al-Istiqlal. Dan kata ini di tafsirkan sebagai 

Kemampuan melaktualisasikan diri tanpa adanya segala bentuk pemaksaan dan kekerasan dari luar dirinya

Dengan kata lain bahwa kata kemerdekaan adalah kebebasan dari segala bentuk penindasan dari bangsa lain. Ada juga kata lain dari makna ini adalah “Al-Hurriyyah”, kata ini juga bisa diterjemahkan dan di tafsirkan sebagai kemerdekaan. Dari kata itu juga terdapat kata “Al-Tahrir” yang memiliki arti kebebasan, Tahrir Al-Mar’ah berarti kebebasan atau pembebasan perempuan. Orang yang bebas dan merdeka disebut Al-Hurr yang memiliki antonim kata dari budak.

Kebebasan atau kemerdekaan sndiri dalam maknanya yang luas dan sejati adalah situasi batin yang terlepas dari semua rasa yang mengekang, yang menekan dan menderitakan jiwa serta pikiran yang gerak dari tubuh sendiri maupun dari luar.

Kemerdekaandan Islam

Manusia menurut Islam adalah Mahluk yang merdeka atau bebas sejak iya diciptakan dan dilahirkan. Manusia adalah sekaligus mahluk merdeka ketika ia berhadapan dengan mahluk sesamanya dan akan menjadi hamba dihadapan tuhannya yakni Allah SWT. Dalam bahasa Islam memperlakukan seorang manusia dengan mengekangnya maka akan sama halnya dengan melanggar hak Tuhan.

Nabi Muhammad dan Rasul lainnya juga adalah para utusan Allah SWT. Para Nabi dan Rasul di perintahkan oleh Allah SWT untuk membawakan misi Tauhid untuk memerdekakan dan membebaskan manusia dari segala bentuk penyiksaan dan penindasan manusia atas manusia yang lainnya. Seperti halnya yang telah Allah SWT abadikan pada Al-Quran yang artinya:

Inilah Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya yang terang-benderang dengan izin Tuhan mereka.” Q.S. Ibrahim ayat 1.

Makna dari kata mengeluarkan diatas adalah membebaskan, dan kata kegelapan diatas juga bermakna kekafiran, kebodohan dan kezaliman, serta kata cahaya bermakna keimanan kepada Allah SWT dan ilmu pengetahuan. Nah itulah makna kemerdekaandari sudut pandang agama Islam, semoga bermanfaat.