Bahaya Yang Mengancam Kesehatan Saat Tidur Pagi

22 Jan 2020
source: hellosehat.com

Tidur pagi atau tidur setelah subuh sangat tidak dianjurkan dalam Islam. Selain termasuk perbuatan yang dibenci Allah, secara medis tidur setelah subuh juga memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mencari ridha Allah SWT dan termasuk waktu yang tepat untuk memulai aktifitas. 

Kebiasan tidur pagi ini juga dibenci oleh orang-orang shalih pada zaman dahulu, karena menandakan bahwa orang tersebut lalai dan malas. Terlalu banyak tidur (diantaranya adalah tidur setelah subuh) membuat waktu terbuang sia-sia dan dapat mematikan hati. 

Dalam islam, bahaya tidur saat pagi diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Tidak ada dalam tuntunan ajaran Islam, dan merupakan sesuatu yang tidak  dianjurkan

  2. Merupakan kebiasaan yang sangat dibenci oleh orang-orang shalih

  3. Tidak mendapatkan keberkahan dari Allah SWT

  4. Mengundang sifat malas dan termasuk menyia-nyiakan waktu

  5. Menghambat datangnya rezeki

  6. Mendatangkan penyakit seperti lemahnya syahwat

Tidur setelah subuh atau ada pagi hari, juga dapat menurunkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme melemah, maka Anda akan mudah terserang penyakit. Selain itu, ketika bangung, Anda akan merasakan tubuh Anda berat, sakit kepala, pegal bahkan semakin lesu. Oleh karena itu, tidur pagi sangat tidak dianjurkan baik secara medis atau agama. 

Lalu, kapankah waktu tidur terbaik dalam Islam? Waktu tidur terbaik yang dianjurkan oleh Islam adalah pada beberapa waktu berikut:

  1. Tidur ketika tubuh mengirim sinyal bahwa sangat membutuhkan tidur untuk beristirahat

  2. Tidur pada pertengahan hari, dan bangun ketika memasuki waktu sore. Seperti halnya tidur pagi, tidur sore pun tidak dianjurkan dalam Islam. Tidur sore memiliki resiko yang berbahaya, lebih besar dari resiko yang ditimbulkan oleh tidur pagi. OLeh karena itu, tidur sore sangat dilarang, kecuali bagi orang yang sangat membutuhkan tidur setelah sehari-semalam tidak tidur.

  3. Tidur di awal malam. Tidur lebih cepat di awal malam, lebih baik daripada tidur di akhir malam. JIka tidur awal, maka Anda akan bangun awal jug, dan saat bangun tubuh Anda akan merasa lebih rilex dan tenang, akibat mendapat tidur yang berkualitas.

 

Tidur setelah subuh hingga menjelang terbitnya matahari adalah waktu yang sangat terlarang, karena pada saat itu, kita bisa memanfaatkan waktu untuk mencari pahala berlipat ganda. Melakukan amalan-amalan baik ada waktu yang baik pula, tentu akan mendapatkan berkah dari Allah SWT karena pagi hari merupakan waktu terbukanya pintu-pintu rezeki.