Banyak Pahala, Simak Kebaikan Tadarus

26 Mar 2020
Sumber foto: www.dutaislam.com

Tadarus Al Qur’an merupakan aktivitas interaksi terhadap Al Qur’an baik dengan membaca, memahami, mengkhatamkan , ataupun dengan mendengarkan. Selain itu interaksi kita dengan Al Qur’an juga dapat dilakukan dengan mentadabburinya, menghafal serta mempelajarinya. Apapun aktivitas kita yang berkaitan dengan Al Qur’an ini dan bertujuan untuk mengamalkan Al Qur’an merupakan termasuk tadarus Al Qur’an.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra disebutkan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam selalu bertadarus Al-Qur’an dengan Jibril as pada setiap hari bulan Ramadhan (HR. Bukhari).

Hadits diatas dipahami oleh para  ulama salafusshalih (shahabat, tabi’sin dan tabi’ tabi’in) dengan mereka meninggalkan aktivitas dunia mereka di bulan Ramadhan, termasuk pengajian mereka selama ini untuk bertadarus Al-Qur’an. Para ulama tersebut mengkhatamkan Al Qur’an setiap sepuluh hari di bulan Ramadhan atau tiga kali khatam. Bahkan ada juga yang kemudian mengkhatamkan Al Qur’an dalam setiap tiga hari atau sepuluh kali dalam satu bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, mempelajari Al-Qur’an penting sekali, agar kita bisa mengamalkan Al-Qur’an. Rasulullah saw bersabda: “Orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mempelajarinya.”. (HR. Al-Bukhari). Al-Qur’an memberi petunjuk menuju kebahagian dunia dan akhirat kita. Selain itu, juga memberikan kelapangan rezki dan keberkahan hidup.

Hal diatas seharusnya dapat menyemangati kita dalam menyambut bulan Ramadhan 1441 H ini. Kita dapat meniru apa yang dilakukan oleh Rasulullah saw dan para ulama salafusshalih. Apalagi pada bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang tidak dimiliki oelh bulan-bulan lainnya. Sehingga kita sebaiknya meningkatkan amalan kita terutama dalam mengisi Ramadhan dengan ibadah dan amal shalih terutama tadarrus Al Qur’an.