Benarkah Menikah Memperbanyak Rezeki?

24 Sep 2021

Kita pasti sering mendengar ungkapan tentang menikah memperbanyak rezeki. Nah, pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai pernikahan yang dianggap sebagai pembuka pintu rezeki. Seperti firman Allah SWT dalam QS. An-Nuur ayat 32 yang menyebutkan janji Allah akan karunia-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang menikah.

Tidak hanya itu, HR. Bukhari Nomor 1442 dan Muslim Nomor 1010 juga menjelaskan bahwa barang siapa yang memberi nafkah kepada keluarga, kerabat, dan rajin bersedekah, maka malaikat akan mendoakan supaya orang tersebut mendapatkan ganti berlipat ganda. Hal ini juga pernah difirmankan Allah SWT dalam QS. Saba’ ayat 39. Tapi ternyata, menikah tidak hanya memperbanyak rezeki loh, ada keutamaan-keutamaan lain, antara lain:

  1. Menjalankan perintah Allah SWT

Tujuan utama menikah yaitu menjalankan perintah Allah SWT, sebagaimana firmannya dalam surat an Nuur ayat 32 bahwa Allah memerintahkan hamba-Nya agar menikah dan tak mengkhawatirkan soal rezeki, sebab Allah akan mencukupkannya.

  1. Melaksanakan sunnah rasul

Selain menikah memperbanyak rezeki, menikah juga berarti melaksanakan sunnah rasul loh. Menikah merupakan perintah yang sangat ditekankan Rasulullah, sebab dapat menjauhkan diri dari zina.

  1. Membentengi diri dan menundukkan pandangan

Pernikahan merupakan ibadah yang bertujuan untuk menjaga kehormatan diri dan menjauhkan dari hal-hal yang dilarang agama. Dengan menikah juga akan lebih mudah menghindarkan kita dari zina, karena lebih mudah menundukkan pandangan.

  1. Mendapatkan ketenangan hati

Selain menikah memperbanyak rezeki, menikah akan membuat seseorang lebih merasakan ketenangan hati dan ketentraman jiwa. Hal tersebut tertuang dalam firman Allah SWT surat Ar-Ruum ayat 21, yang artinya yaitu tanda-tanda kekuasan Allah itu dengan menciptakan orang-orang berpasangan, agar Kamu merasa tentram dengan-Nya.

  1. Memiliki keturunan yang sholeh

Tujuan menikah tidak hanya menjalankan perintah Allah SWT, tapi juga untuk memperoleh keturunan yang sholeh. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nahl ayat 72, yang artinya yaitu Allah menjadikan orang-orang berpasangan suami dan istri kemudian memiliki keturunan, dan janji Allah memberikan rezeki bagi mereka yang menikah, dan kalian tidak perlu khawatir atas nikmat yang dijanjikan.

  1. Meningkatkan ibadah kepada Allah SWT

Selain menikah memperbanyak rezeki, menikah juga ladang sabar untuk beribadah dan beramal sholeh. Bahkan berhubungan suami istri termasuk ibadah yang bernilai ibadah.

  1. Menyempurnakan separuh agama

Salah satu keutamaan menikah adalah menyempurnakan separuh agama. Sebab, telah dijelaskan bahwa perusak sebuah agama dari seseorang yaitu kemaluan dan perutnya. Dengan menikah, berarti seseorang sudah membentengi diri dari salah satunya, yaitu zina kemaluan. Seperti sabda Rasulullah yang diriwayatkan HR. Al Baihaqi, yang artinya yaitu jika seseorang menikah, itu berarti ia menyempurnakn sebagian agamanya. Dan separuhnya lagi, sempurnakanlah dengan cara bertakwa kepada Allah SWT.

Selain menikah memperbanyak rezeki, menikah memiliki banyak keutamaan seperti yang disebutkan di atas. Jadi dengan menikah, tidak hanya membuka pintu rezeki, tapi dapat menghindarkan seseorang dari zina kemaluan. Dan dengan menghindari zina, maka orang tersebut sudah menyempurnakan separuh agamanya dan melaksanakan sunnah rasul loh. Tidak hanya itu, menikah juga menjadi ladang mencari pahala, yaitu dengan berbakti kepada suami. Sebelum memutuskan menikah, pastikan kalian memiliki kesiapan mental dan finansial ya, jangan asal-asalan mau menikah tanpa persiapan apapun. Sebab menikah merupakan ibadah terpanjang, jadi harus dipertimbangkan dengan matang, agar tidak sampai terjadi hal-hal yang menyebabkan perpisahan.

 

sumber foto popbela