Beragam Cara Agar Doa Cepat Dikabulkan Allah SWT

17 Sep 2021

Selain berusaha, umat islam juga harus bertawakkal menyerahkan semua hasil kepada Allah SWT, lalu bagaimana caranya agar doa cepat dikabulkan Allah SWT? Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai tips agar doa cepat dikabulkan Allah SWT.

  1. Bersungguh-sungguh

Tips pertama agar doa cepat dikabulkan Allah SWT yaitu menunjukkan kesungguhan diri dalam berdoa. Seperti firman Allah SWT dalam QS. Al A’rat ayat 205 yang menyeruhkan kepada hamba-Nya untuk merendahkan diri dan merasa takut saat menyebut nama-Nya dalam hati. Ketika berdoa, gunakanlah kalimat-kalimat yang lembut, dan bersungguh-sungguh dalam memanjatkan doa.

  1. Meluruskan niat

Niat merupakan ujung tombak sebelum melakukan apapun, seperti halnya berdoa, sebelum berdoa luruskan niat Anda. Saat memanjatkan doa, pasti ada hal-hal yang ingin diinginkan dan dicapai, oleh karenanya luruskan niat Anda. Karena, doa-doa hamba-Nya yang memiliki niat sangat kuat akan didengar Sang Pencipta.

  1. Khusyuk

Pada dasarnya, saat memanjatkan doa kepada Allah SWT haruslah serius dan tidak asal-asalan. Oleh karenanya, agar doa cepat dikabulkan Allah SWT, usahakan terfokus untuk memanjatkan doa dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

  1. Membaca doa mustajab

Mengawali doa dengan membaca surat Al Fatihah dipercaya memiliki kekuatan agar doa cepat dikabulkan Allah SWT. Setelah membaca Al Fatihah, Anda bisa menambah dengan membaca Ayat Kursi. Ayat ini terletak pada Quran Surah Al Baqarah ayat 255, menjadi salah satu surat paling istimewa di Al Quran. Dengan membaca surat ini, niscaya doa dikabulkan Allah SWT. Sebab, salah satu keutamaan Ayat Kursi yaitu membantu agar doa cepat dikabulkan Allah SWT. Doa mustajab lainnya yang bisa Anda baca agar doa cepat ijabah yaitu sholawat nabi. Tidak hanya saat berdoa, baca sholawat nabi setiap saat dengan penuh keikhlasan.

  1. Membaca istighfar

Jika ingin doamu cepat dikabulkan, biasakan untuk mengucapkan istighfar setiap selesai sholat. Jika Kamu rutin membaca istighfar dengan penuh keikhlasan, maka niscaya segala urusanmu akan dipermudah Allah SWT.

  1. Membaca Asmaul Husna

Membaca Asmaul Husna dipercaya dapat membantu agar doamu cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Semakin banyak membaca Asmaul Husna dengan penuh keikhlasan, maka peluang doamu untuk menembus pintu langit semakin besar.

  1. Berdoa dalam keadaan suci

Saat memanjatkan doa, usahakan Anda dalam keadaan suci, dengan mengenakan pakaian bersih dan berwudhu. Namun, jika dalam keadaan genting seperti di medan perang, diperbolehkan untuk memanjatkan doa.

  1. Memperbaiki kualitas ibadah

Agar doa cepat dikabulkan, seorang hamba harus senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas ibadah. Misalnya, yang biasanya hanya sholat 5 waktu, bisa ditambah dengan melaksanakan sholat sunnah sebelum dan sesudah sholat fardhu. Jadi tidak hanya meminta untuk dikabulkan doanya, tapi juga senantiasa meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Itulah beberapa informasi agar doa cepat dikabulkan Sang Pencipta. Namun, perlu diketahui bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa Anda bisa saja pada saat itu langsung, atau di kemudian hari, bahkan dijawab dengan hal lain yang jauh lebih baik. Yang terpenting jangan bosan memohon ampun, meminta pertolongan dan terus memperbaiki kualitas ibadah. Dan yang paling utama, saat memanjatkan doa harus dalam keadaan khusyuk dan ikhlas. Semoga kita senantiasa menjadi hamba-Nya yang selalu mendapatkan ampunan-Nya, diberikan pertolongan dan dijauhkan dari godaan setan.


sumber foto kabar24