Berbagai Macam Tanaman Herbal Alami dalam Islam

20 Feb 2020
source: pixabay.com

Allah menciptakan berbagai tanaman yang ada di bumi ini agar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia. Tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan, beberapa tanaman juga memiliki beragam khasiat yang baik bagi tubuh. 

Berikut ini merupakan daftar tanaman yang mudah Anda temui dan memiliki manfaat baik bagi tubuh

  1. Lidah buaya

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dikonsumsi, lidah buaya juga dimanfaatkan untuk beberapa jenis perawatan diri mulai dari masker wajah, moisturizer, masker rambut, campuran lulur, dan lain-lain. Lidah buaya juga dikenal ampuh sebagai antiinflamasi. Dalam Islam, manfaat lidah buaya terdapat pada salah satu hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim dari Utsman Bin Affan yang berbunyi: “Rasulullah SAW pernah menemukan seorang laki-laki mengelukan kedua matanya ketika sedang ihram. Nabi berkata, ‘Balut lah kedua matamu dengan aloevera.” (HR Muslim).

  1. Jintan

Jintan yang Anda kenal saat ini mungkin jenis rempah yang digunakan sebagai pelengkap masakan. Namun, ada salah satu jenis jintan yang dikenal sebagai obat bagi banyak penyakit. Jintan hitam atau yang lebih dikenal dengan nama habatussauda, merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Jintan hitam dapat digunakan sebagai antioksidan, menetralisir racun, menguatkan sistem imun, dan lain-lain. Jintan hitam biasanya diolah menjadi minyak atau serbuk, yang kemudian dimasukkan kedalam kapsul. Kapsul jintan hitam inilah yang nantinya akan menjaga tubuh Anda dari serangan penyakit.

  1. Zaitun

Sebagian besar dari Anda, sudah pasti tidak asing dengan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh minyak zaitun. Meski enak dikonsumsi, zaitun yang diolah menjadi minyak memiliki banyak manfaat bagi tubuh baik untuk kecantikan ataupun kesehatan. Anjuran menggunakan atau mengkonsumsi zaitun terdapat pada Al Quran surat At-Tin ayat 1-3, surat An-Nur ayat 35, dan surat Al-Mukminun ayat 20. Mengingat zaitun disebut lebih dari satu kali dalam Al Quran, pastinya manfaat yang terkandung dalam buah zaitun sangat besar.

  1. Kurma

Kurma merupakan buah yang ikonik pada bulan suci Ramadhan. Kurma biasa disajikan pada saat berbuka puasa, untuk mengganti energi yang hilang pada saat puasa. Kurma memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Kurma diyakini dapat mengobati berbagai penyakit seperti demam, infeksi, darah tinggi, mencegah stroke, dan bahkan sebagai metabolisme alami bagi tubuh. Selain itu, kurma juga sangat baik untuk nutrisi ibu hamil. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sangat menyukai buah kurma sebagai camilan. Dalam Al Quran disebutkan:

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Artinya: Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu” (QS Maryam:25)

Demikianlah Allah subhanahu wa ta’ala memberikan nikmat berupa tumbuhan yang bisa memenuhi kebutuhan manusia. Dengan mengetahui manfaat dari setiap tanaman tersebut, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan Anda.