Beristighfar Dapat Membuka Rezeki

05 Jan 2020
source: wajibbaca.com

Allah SWT senantiasa memberikan hamba-Nya dengan rezeki kesehatan dan harta yang tidak disangka-sangka datangnya dari mana bahkan dengan cara apapun. Namun tidak banyak juga orang-orang yang memilih mencari kekayaan dengan cara yang tidak dianjurkan diharamkan oleh Allah, yakni dengan cara pesugihan yang hanya akan membuatnya sengsara di dunia dan akhirat.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang dianjurkan oleh nabi Muhammad untuk melancarkan rizki, mulai dari menyambung silahturahmi hingga beristigfar. Beristighfar atau memohon ampun kepada Allah SWT adalah salah satu cara untuk melancarkan rizki. Di antara tuntunan yang ditawarkan untuk menggapai tujuan tersebut: memperbanyak istighfar. Dalil tuntunan tersebut firman Allah ta’ala yang memiliki arti,

Artinya: “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu” (QS. Nuh: 10-12)

Potongan Surat Nuh ayat 10-12 ini menjelaskan dengan gamblang bahwa di antara buah istighfar: turunnya hujan, lancarnya rizki, banyaknya keturunan, suburnya kebun serta mengalirnya sungai.

Adapun dalil dari Sunnah Rasul shallallahu ’alaihi wa salam yang menunjukkan bahwa memperbanyak istighfar merupakan salah satu kunci rizki, suatu hadits yang berbunyi:

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Maka mulailah untuk memperbanyak istighfar, serta tuggulah apa yang akan Anda petik nantinya. Jika Anda sudah istighfar namun belum juga memetik buahnya, maka perbanyaklah terus istighfar dan jangan pernah berputus asa. Anda bisa memulainya dimanapun dan kapanpun Anda berada mulai dari kantor hingga pada saat Anda berjalan untuk olahraga pun bisa Anda lakukan dengan membacakan istighfar.

Semoga Allah senantiasa melancarkan rizki kita dan menjadikannya berbarokah serta bermanfaat dunia akherat, aamiin.