Cara Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Islam

23 Feb 2023

Islam selalu mengajarkan kebaikan kepada siapa saja. Terutama anak terhadap orangtuanya. Berbakti kepada orang tua adalah sebuah kewajiban. Bahkan anak yang berbakti juga menjadi cara mendapatkan pahala dan ridho dari Allah SWT.

Wujud Bakti Sebagai Muslim

Sangat wajib hukumnya seorang anak berbakti kepada kedua orangtuanya. Meskipun kedua orangtua bukanlah seorang muslim, sebagai seorang muslim tetap wajib untuk berbakti. Tidak hanya sekedar memenuhi norma kesopanan, tapi juga sebagai cara menaati perintah Allah SWT.

Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Sebagai seorang anak, banyak sekali cara berbakti kepada orang tua. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Bertutur kata baik

Anak pasti diajarkan bertutur kata baik, begitu juga kepada orangtua. Hubungan anak orangtua pasti pernah ada beda pendapat atau pertengkaran. Tapi, sebagai anak tetap harus bertutur kata baik agar tidak menyakiti hati kedua orangtua.

2. Selalu mendoakan

Saat orangtua masih hidup atau bahkan sudah tiada, anak harus selalu mendoakannya. Doa anak bisa membuat orangtua bahagia, bahkan bisa menjadi amalan yang nanti terus dibawa hingga ke akhirat dan meringankan jalan mereka

3. Memprioritaskan orangtua

Di setiap kesempatan, Anda harus bisa memprioritaskan orangtua, khususnya ibu dan terus berbuat baik padanya. Berbuat baik kepada ibu juga diperintahkan oleh Rasulullah SAW karena surga ada di kedua telapak kakinya.

4. Membanggakan orangtua

Orangtua adalah orang yang memberikan pendidikan bagi anaknya dari kecil sampai dewasa. Itulah kenapa setiap anak wajib memberikan yang terbaik agar bisa membanggakan orangtua. Jika Anda menuruti ajaran kedua orangtua, mereka pasti akan bangga dan bahagia terhadap anaknya.

5.  Memberikan kehidupan layak

Saat anak sudah bisa mandiri dan mencari nafkah sendiri, sebaiknya anak menunjukkan sikap bakti dengan cara memberikan kehidupan layak bagi orangtua. Dengan kehidupan yang layak, orangtua bisa selalu merasa bahagia.

6. Merawat orangtua

Saat orangtua sudah masuk usia senja, orangtua membutuhkan perhatian lebih mengingat kondisinya sudah tidak sehat seperti saat masih muda. Karena itu, wajar bagi seorang anak merawat orangtuanya seperti orangtua yang merawat anaknya sejak masih kecil.

7.  Menghormati pilihan orangtua

Sebagai seorang anak, Anda pasti sering berbeda pendapat dengan orangtua. Terkadang orangtua memiliki opini dan pilihan sendiri. Meski begitu, anak tidak boleh menjelekkan pilihan orangtua. Apa pun bentuk pilihan orangtua, sebagai anak harus selalu menghormatinya.

8. Melakukan segala yang diridhoi orangtua

Seorang anak harus melakukan segala hal yang diridhoi dan disukai oleh orangtua. Meski begitu, anak harus tahu apakah hal tersebut baik atau tidak. Hal ini merupakan jalan pahala bagi Anda.

9. Rutin berkabar meski sudah berpisah

Saat Anda sudah berkeluarga dan tidak lagi tinggal bersama orangtua, Anda harus selalu rutin memberi kabar ke orangtua. Terus menjalin komunikasi secara intens merupakan cara membahagiakan mereka. Tetap ingat orangtua meski berjauhan.

10. Bicara menyenangkan hati

Orangtua merupakan orang yang perlu disayang dan dihormati oleh setiap anaknya. Mereka adalah ‘pahlawan’ bagi setiap anaknya. Ketika berbicara dengan mereka, tidak hanya bertutur kata yang harus diperhatikan, tapi juga memberikan kalimat yang bisa membuat hati mereka senang.

Itu tadi 10 cara berbakti kepada orang tua mengikuti ajaran Islam. Berbakti kepada kedua orangtua merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan seorang anak. Sayangilah kedua orangtua seperti mereka menyayangi Anda saat masih kecil.