Cara Membentuk Akhlak yang Baik Agar Jadi Terbiasa

08 May 2023

Cara membentuk akhlak yang baik bisa Anda lakukan saat ini juga. Sebab, tidak ada kata terlambat saat Anda hendak memperbaiki diri. Nah, secara etimologis akhlak adalah bentuk jamak dari khuluq yang artinya budi pekerti, tabiat, perangai, hingga perilaku.

Akhlak juga bisa diartikan dengan tata perilaku seseorang pada orang lain di sekitarnya. Selain itu, akhlak juga bisa dikenal dengan istilah moral serta etika. Semua pengertiannya tetap akan menentukan nilai buruk dan baiknya perbuatan serta sikap dari seseorang.

Pahami Cara Membentuk Akhlak yang Baik

Akhlak yang mulia dan terpuji yakni perbuatan atau tindakan yang bagus. Akhlak menurut Islam adalah perbuatan yang tidak hanya memberikan kebaikan, namun juga membawa keuntungan bagi banyak orang. Meski demikian, tetap saja untuk membentuk akhlak baik perlu dilakukan sejak dini. Untuk itu, diri sendiri menjadi terbiasa untuk melakukan perbuatan yang baik. Berikut ini beberapa cara membentuk akhlak yang baik dan mulia bisa diikuti.

Rajin Berbuat Kebaikan

Berusaha konsisten untuk berbuat kebaikan bisa membantu menumbuhkan akhlak baik. Tidak hanya menggunakan uang atau barang, namun berbuat baik bisa dalam bentuk bantuan, saran, rekomendasi, serta empati. Bahkan juga bisa hanya dengan tersenyum akan bernilai kebaikan.

Selalu Memberi Teladan

Dalam ilmu Psikologi, terdapat salah satu cara dalam pembentukan perilaku dengan cara modelling. Modelling ini Anda lakukan dengan memberikan contoh secara terus-menerus. Sehingga agar individu akan belajar, lalu menerapkannya sendiri. Sama halnya dengan memberi teladan, kemudian akan membentuk akhlak baik. Cara ini terbilang  efektif untuk Anda terapkan sejak anak usia dini dan masih sangat mudah dibentuk perilakunya.

Menggunakan Nilai dan Budaya yang Baik

Cara membentuk akhlak baik juga bisa dengan menggunakan nilai dan budaya yang baik. Setiap keluarga biasanya memiliki nilai serta budaya berbeda. Hal ini bisa mempengaruhi baik buruknya akhlak dari individu. Sebab, keluarga menjadi kelompok pertama yang dijumpai saat lahir ke dunia. Sebaiknya bisa menjadi tempat yang aman dalam tumbuh kembang. 

Membiasakan Menerapkan Akhlak yang Baik

Untuk memiliki akhlak baik, tentu tidak bisa hanya melakukannya pada waktu atau tempat tertentu. Akhlak terlihat dalam bentuk keseluruhan sikap serta perilakunya. Pembiasaan secara berkelanjutan justru akan meningkatkan akhlak baik.

Mendengarkan Nasihat

Sebagai manusia, wajar jika pernah melakukan kesalahan atau dosa. Untuk itu, membutuhkan orang lain yang bisa mengingatkan agar bisa kembali ke jalan yang benar. Saat ada orang yang memberi nasihat atau kritik membangun, Anda juga perlu menerima dengan ikhlas. Sebab ingin memperbaiki diri menjadi tanda akhlak individu sudah baik.

Bergaul dengan Orang Berakhlak Baik

Bergaul dengan orang berakhlak baik juga menjadi cara membentuk akhlak yang baik.  Lingkungan adalah faktor yang bisa mempengaruhi akhlak individu. Jika individu berbaur dengan orang-orang dengan akhlak terpuji dan sering melakukan kegiatan positif, bisa membawanya untuk memiliki akhlak yang baik. 

Memiliki Rasa Takut kepada Tuhan

Tuhan telah memerintahkan setiap umat untuk tidak melakukan larangan-Nya. Larangan yang ada juga bukan semata-mata untuk mempersulit, namun justru bisa membantu manusia untuk terhindar dari hal negatif. Menghindari perbuatan tercela karena memiliki rasa takut dengan Tuhan. Hal ini menunjukkan bahwa individu memiliki akhlak yang baik dan berusaha menaati perintah-Nya.

Manusia seharusnya hidup dengan akhlak yang baik sehingga perlu tahu cara membentuk akhlak yang baik. Nantinya akan terhindar dari sikap dan perilaku yang menunjukkan akhlak tercela.