Cara Menjadi Wanita Muslimah Yang Baik Menurut Islam

17 Aug 2021

Cara menjadi wanita muslimah bisa dimulai dengan berbagai cara. Salah satunya bisa mulai dengan menutup aurat terlebih dahulu. Aurat merupakan salah satu hal terpenting bagi seorang wanita muslimah dan tentu tidak boleh dipamerkan begitu saja. 

Melainkan seorang wanita muslimah harus tetap menjaga pandangannya saat berdekatan dengan lawan jenis. Hal ini juga tercantum dalam Al Qur’an yaitu surah An-Nisa yang menceritakan wanita harus tetap dihormati sampai kapanpun. Berikut ini ada beberapa caranya:

Menutup Aurat

Salah satu cara menjadi wanita muslimah adalah dengan menutup aurat. Pada umumnya aurat dimulai dari rambut hingga ke kaki. Kecuali beberapa bagian yang boleh terbuka adalah wajah, telapak tangan hingga telapak kaki. 

Sering kali hijab dikatakan sebagai penutup kepala, tetapi hal itu salah. Melainkan khimar yang merupakan penutup kepala. Dan setelah memakai penutup kepala, anda bisa menutup aurat dengan menggunakan hijab. 

Menggunakan Pakaian Syar’i

Cara menjadi wanita muslimah selanjutnya adalah dengan menggunakan pakaian syar’i. Pakaian syar’i yang dimaksudkan adalah pakaian yang tidak tembus pandang. Sebut saja seperti gamis, merupakan salah satu pakaian berbentuk syar’i. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pastikan pakaian tersebut menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Kemudian usahakan memakai pakaian yang bersih, sederhana dan bukan untuk dipamerkan. 

Memiliki Sifat Malu

Rasa malu merupakan salah satu sifat wanita muslimah yang tidak boleh dihilangkan. Terutama pada saat bergaul dengan pria, sikap malu ini boleh-boleh saja untuk diperlihatkan. Tetapi harus sesuai dengan adab serta cara menjadi wanita muslimah menurut Islam. 

Malu dalam artian adalah tetap menjaga pandangannya agar tidak terlalu berlebihan. Tentu Allah sangat tidak suka dengan sikap yang berlebihan. Berbeda dengan wanita zaman sekarang yang lebih memilih bermain hingga bersentuhan dengan laki-laki yang bukan mahramnya.

Bisa Taat

Cara menjadi wanita muslimah yang selanjutnya adalah harus taat. Dengan menjadi taat, anda bisa merasakan rasa syukur yang melimpah dari Allah SWT. Pada dasarnya Allah sangat menyukai, wanita muslimah yang taat. 

Oleh karena itu, bertaatlah kepada suami dan Allah SWT niscaya anda akan mendapatkan balasannya. Berbeda kalau anda selalu membangkang apa yang suami katakan, maka hanya dosa yang anda dapatkan. 

Menjaga Kehormatan Keluarga

Selain menjaga kehormatan sendiri, anda juga harus menjaga kehormatan anak dan suami. Bahkan Allah berfirman pada tafsir Ath Thobari di kitab tafsirnya (6:692). “Wanita tersebut menjaga dirinya ketika tidak ada suaminya, juga ia menjaga kemaluan dan harta suami. Di samping itu, wajib menjaga hak Allah dan hak selain itu.”

Tetap Bersyukur

Cara menjadi wanita muslimah yang terakhir adalah tetap bersyukur. Karena tidak setiap hari seorang suami memberikan rezeki yang cukup. Salah satunya, anda hanya bisa bersyukur saja atas karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

Jika anda tetap bersyukur dalam situasi hingga kondisi manapun niscaya Allah akan memberikan rezeki yang berlebih. Percayalah bersyukur dan berterima kasih kepada suami atas kerja kerasnya merupakan hal yang penting. 

 

Menjadi wanita muslimah yang sholehah ternyata tak mudah, ada banyak hal yang harus diikuti. Tetapi setiap kebaikan yang dilakukan oleh setiap wanita tentu akan mendapatkan balasanya. Jika tidak di dunia melainkan di akhirat. Jadi, belajarlah untuk menjadi wanita muslimah dari sekarang.