Doa yang Dianjurkan Rasulullah Saat Susah Tidur

26 Apr 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Susah untuk tidur atau yang kerap disebut juga insomnia adalah gangguan tidur yang dapat memicu stres bahkan jika lama kelamaan dilakukan dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan hingga psikis manusia. Ternyata gangguan semacam ini tidak hanya terjadi di zaman sekarang, lho! Saat zaman Rasulullah SAW pun tak sedikit sahabatnya mengalami susah tidur, salah satunya adalah Khalid bin Walid.

Khalid bin Walid merupakan sahabat Rasulullah SAW yang juga panglima perang termahsyur dan ditakuti di medan tempur. Ia adalah salah satu dari panglima-panglima perang penting yang tak terkalahkan. Khalid dikenal sebagai ahli siasat perang, mahir segala senjata, piawai dalam berkuda, dan karismatik di tengah prajuritnya. Meskipun demikian ia tidak sombong dan selalu rendah hati walau berada dalam puncak popularitasnya.

Pada suatu hari, Khalid bin Walid pernah mengeluh susah tidur saat malam. Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Khalid bin Walid berkata pada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, aku tidak tidur tadi malam karena tidak dapat tidur.” Lalu, Rasulullah bersabda :

“Ya Allah, Tuhan tujuh lapis langit dan apa yang menaunginya, Tuhan tujuh lapis bumi dan apa yang ada di dalamnya, serta Tuhan setan dan apa yang tersesat. Jadikanlah untukku pelindung dari kejahatan seluruh makhluk-Mu, yang ingin melakukan kejahatan kepadaku, serta melakukan makar kepadaku. Sungguh mulia perlindungan-Mu, sungguh agung pujian kepada-Mu, tidak ada tuhan selain Engkau, dan tidak ada Tuhan kecuali Engkau.”

Setelah mengetahui hal tersebut, Rasulullah SAW menyarankan Khalid bin Walid untuk membaca doa yang diajarkan oleh malaikat Jibril kepadanya, berikut doa yang disarankan:

A’udzu bikalimatillahit-tammatil lati la yujawizuhunna barrun wa la fajirun, min syarri ma yanzilu minas samaa’i wa ma ya ruju fihaa. Wa min syarri maa dzara’a fil ‘ardhi wa maa yakhruju minhaa, wa min syarri fitanillaili wan nahaari, wa min syarri thaariqil laili wan nahaari, illaa thaariqan bikhairin yaa Rahmaan.

Artinya : Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna, dengan kalimat itu, orang yang baik atau pun orang yang jahat akan selamat dari kejahatan apa yang turun dari langit dan naik ke langit, dari kejahatan apa yang bertebaran di bumi dan apa yang keluar darinya, dari kejahatan fitnah di waktu malam dan siang, serta dari kejahatan perjalanan di malam dan siang hari, kecuali jalan kepada kebaikan, wahai Zat Yang Maha Pengasih.” 

            Semoga dengan membaca bacaan di atas dapat membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan tidak lagi mengalami susah tidur. Amin..