Dosa Bagi Orang yang Sombong

27 Dec 2019

Sombong adalah salah satu sifat yang dibenci oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW karena salah satu sifat yang tidak terpuji. Sudah sejak lama Nabi Muhammad memperingatkan umatnya tentang bahaya sifat sombong ini, Salah satu tujuan diutusnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam adalah untuk memperbaiki akhlak manusia. Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik.” (HR. Ahmad 2/381. Syaikh Syu’aib Al Arnauth menyatakan bahwa hadits ini shahih)

Islam adalah salah satu agama yang mengajarkan tata krama, akhlak yang luhur dan mulia. Oleh sebab itulah ada banyak dalil al Quran dan as Sunnah yang memerintahkan kepada umat islam untuk memiliki akhlak yang mulia dan menjauhi akhlak yang tercela, sombong adalah salah satu sifat tercela yang di benci oleh Allah SWT.

Sifat sombong adalah memandang dirinya berada di atas kebenaran dan merasa lebih di atas orang lain. Tidak hanya itu, orang yang memiliki sifat sombong akan cenderung merasa dirinya sempurna dan memandang dirinya berada di atas orang lain. Islam Melarang dan Mencela Sikap Sombong, seperti yang sudah terabadikan di dalam Al-Quran surat Luqman ayat 18 yang artinya:

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)

Allah Ta’ala berfirman juga dalam surat An Nahl: 23 yang artinya:

“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)

Haritsah bin Wahb Al Khuzai’i berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Mau kah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur(sombong).“ (HR. Bukhari no. 4918 dan Muslim no. 2853).

Pada saat iblis diciptakan hidup rukun dalam surga, namun dikarenakan sifatnya yang sombong enggan untuk mengakui dan bersujud bahwa kepada manusia pertama Nabi Adam AS memiliki akal dan ilmu yang jauh berbeda dengannya. Sebagian salaf menjelaskan bahwa dosa pertama kali yang muncul kepada Allah adalah kesombongan. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kalian kepada Adam,” maka sujud lah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur (sombong) dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir“ (QS. Al Baqarah:34)

Pada dasarnya sifat sombong ini sangatlah kurang terpuji dan tidak seharusnya umat islam yang baik dan bertakwa memiliki sifat sombong ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.