Hadiah untuk Orang yang Sabar

31 Dec 2019

Sifat sabar adalah salah satu sifat yang Allah cintai karena menjadi salah satu obat hati. Salah satu terapi penyakit hati yang harus dilakukan seorang muslim, yaitu sabar. Sifat yang satu ini memang sangat mudah diucapkan namun aplikasinya dalam kehidupan butuh ketekunan, atau kesungguhan dalam kehidupan.

Sifat sabar yakni sifat yang termasuk akhlak yang paling utama sehingga memiliki banyak sekali perhatian Al-Quran baik dalam surah-surahnya yang makkiyah ataupun yang madaniyah. Bahkan, sabar adalah akhlak yang paling banyak diulang penyebutannya dalam Al-Quran.

Hal tersebut menunjukkan bahwa sabar bukanlah masalah sekunder atau pelengkap, tetapi merupakan masalah primer yang sangat dibutuhkan oleh manusia, untuk meningkatkan kualitas material dan moralnya demi menggapai kebahagiaan. Tidak akan pernah tercapai kebahagiaan dan kemenangan di dunia dan akhirat kecuali dengan kesabaran. Berikut ini adalah hadiah atau ganjaran yang akan didapatkan oleh orang-orang yang senantiasa sabar menjalani masalah di dalam kehidupan.

Kabar Gembira Bagi Mereka

“Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar”. (QS Al-Baqarah: 155). “Mereka (orang-orang yang sabar) itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk”. (QS Al-Baqarah: 157).

Ketika Umar membaca ayat ini dia mengucapkan: “Sebaik-baik shalat dan rahmat, dan sebaik-baik petunjuk adalah bagi orang-orang yang sabar”.

Mahabbatullah, Kecintaan Allah

Bayangkan bagaimana rasanya dan indahnya apabila mendapatkan curahan kasih sayang dari Allah SWT. “Dan betapa banyak Nabi yang telah berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah dan tidak lesu (pula) menyerah (kepada musuh). Allah mencintai orang-orang yang sabar” (QS Ali ‘Imran: 146).

Penyempurnaan Pahala Tanpa Batas

Ada beberapa hadiah lainnya yang akan didapatkan dari orang yang sabar adalah penyempurnaan pahala yang tidak ada batasnya. “Sungguh hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (QS Al-Zumar: 10).

Jaminan Pertolongan saat di Dunia Maupun Akhirat

“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkan kesabaranmu, dan tetaplah bersiap siaga, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu memperoleh kemenangan” (QS Ali’Imran: 200).

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan ganjaran bagi orang yang memiliki sifat sabar ini di dalam Alquran maupun di dalam Hadist Nabi Muhammad SAW. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semuanya.