Hakikat dan Makna Bulan Ramadhan

22 Apr 2019

Marhaban Ya Ramadhan, bulan suci dan penuh berkah telah datang. Bulan Ramadahan bulan yang istimewa yang di dalamnya begitu banyak berkah dan akan dilipat gandakan seluruh pahala serta amalan-amalan mulia di bulan ini. Menjadi bulan yang istimewa dari bulan-bulan lainnya karena hanya di bulan Ramadhan saja yang di Allah jadikan wahyu Al-Quran yang pertama pada Nabi Muhammad SAW. Jika kita ingin berhasil dan mengoptimalkan bulan Ramadhan ini, tidak bisa tidak kita harus memahami dulu hakikat dari Ramadhan. Berikut ini adalah rangkuman hakikat dan makna dari Bulan Ramadhan.


Ramadhan bulan limpahan rahmat

Selain menjadi bulan yang istimewah, bulan ini juga menjadi salah satu bulan yang penuh limpahan rahmat . Nabi Muhammad bersabda, “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan atas kamu berpuasa di bulan ini. Barang siapa tidak mendapatkan bagian kebaikannya, maka sesungguhnya berari ia telah dijauhkan dari rahmat Allah SWT.” . Pada bulan Ramadhan ini Allah mencurahkan begitu banyak rahmatnya melebihi pada bulan-bulan lainnya. Pada bulan Ramadhan ini Allah Ta’ala melipat gandakan seluruh amalan-amalan yang dilakukan hanya semata karena Allah SWT.

Bulan Taubat

Seperti yang kita ketahui bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Pada bulan Ramadhan ini di bukanya lebar-lebar pintu-pintu surga dan di tutupnya pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu, inilah salah satu keistimewaan dari bulan Ramadhan. Rasulullah bersadda bahwa “Barangsiapa yang berpuasa di bulan ini dengan hanya menginginkan ridhonya Allah, maka dosa-dosanya akan diampuni” inilah kenapa bulan puasa Ramadhan menjadi bulan yang pas untuk bertaubat kepada Allah.

Bulan Sedekah

Bulan Ramadhan bukan hanya menjadi bulan berpuasa, tetapi juga menjadi bulan sedekah. Di bulan Ramadhan ini kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah kepada sesama yang membutuhkan seperti anak yatim dan kaum dhuafa. Pada bulan ini Allah ta’ala melipat gandakan berkali-kali orang yang berinfaq dan bersedekah hanya karena rido Allah semata. Perbanyak beribadah di malam-malam Ramadhan.