Hukum Berkurban untuk Seseorang yang Sudah Meninggal

28 Dec 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Mungkin, Anda sedang menemui sebuah pertanyaan. Apakah boleh kita berkurban untuk seseorang yang sudah meninggal? Bagaimanakah hukumnya? 

Apabila kita menilik, bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkurban dan para sahabat, dapat kita pahami bahwa mereka meniatkan berkurban untuk diri mereka sendiri dan keluarganya yang masih hidup. 

Tidak ada dalil yang menjelaskan, bagaimana hukum berkurban untuk seseorang yang telah wafat atau meninggal dunia. 

Syekh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah, pernah memberikan sabda:

أما أن يضحي عن الميت خاصة فهذا لم يرد عن النبي صلى الله عليه وسلّم أنه ضحى عن أحد من أمواته بخصوصه، فلم يضح عن أولاده الذين ماتوا في حياته، وهن ثلاث بنات متزوجات، وثلاثة أبناء صغار ، ولا عن زوجته خديجة وهي من أحب نسائه إليه -رضي الله عنها-, ولا عن عمه حمزة رضي الله عنه وهو من أعز أقاربه عنده، ولوكان هذا من الأمور المشروعة لكان الرسول صلى الله عليه وسلم يشرعه لأمته إما بقوله وإما بفعله وإما بإقراره

 

Artinya: “Berkurban khusus hanya untuk orang yang sudah meninggal, ini tidak ada riwayat dari Nabi yang menerangkan bahwa beliau berkurban untuk salah satu kerabat beliau yang sudah meninggal secara khusus. Beliau tidak pernah berkurban untuk anak-anak beliau yang meninggal di masa beliau hidup. Beliau juga memiliki tiga putri yang sudah berkeluarga, dan tiga cucu. Beliau juga tidak berkurban untuk istri beliau Khadijah. Padahal Khadijah -radhiyallahu ‘anha- adalah istri yang paling beliau cintai. Tidak pula untuk Hamzah -radhiyallahu ‘anhu- paman beliau. Padahal Hamzah adalah keluarga beliau yang paling mulia di mata beliau. Andai saja hal ini disyariatkan, tentu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mensyariatkan kepada umatnya, bisa melalui sabda, perbuatan atau persetujuan beliau.” (Majmu’ Fatawa Ibnu ‘Utsaimin, 25/112)

Ini merupakan pendapat terkuat, Mazhab Syafi’i, yang menegaskan bahwa jika niat kurban tidak digabungkan dengan niat berkurban bagi seseorang yang masih hidup, maka pahalanya tidak akan sampai. 

Hal ini, sesuai dengan riwayat yang ada, bahwa Nabi Muhammad SAW. juga memiliki kerabat yang telah wafat atau meninggal dunia. Meskipun kerabat tersebut sangat dekat dan dicintainya. Seperti Khadijah dan putrinya yang telah meninggal dunia.

Namun, beliau tidak pernah meniatkan kurban bagi kerabatnya tersebut yang telah wafat secara mandiri.

 

Demikian.

Wallahu a’lam bis showab.