Hukuman Bagi yang Meremehkan Dosa

24 Apr 2020
Sumber foto: www.freeimages.com

Setiap manusia biasa memang tidak luput dari dosa. Kesalahan dan kelalaian yang diperbuat akan selalu ada di sepanjang hidupnya. Namun, jika kita terus menerus mengulangi kesalahan dan akhirnya meremehkannya atau malah mengabaikannya maka bagaimana dengan hukuman bagi orang-orang yang meremehkan dosa? Yuk, simak penjelasan di bawah!

Rasulullah bersabda dalam riwayat Bukhari tentang meremehkan dosa :

“Sesungguhnya orang yang beriman melihat dosa-dosanya seperti ketika duduk di bawah gunung, dia takut kalau gunung tersebut jatuh menimpanya. Adapun orang yang fajir melihat dosa-dosanya seperti seekor lalat yang lewat (terbang) di depan hidungnya.”

Dan Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu mengatakan dalam riwayat Bukhari :

Sesungguhnya seorang mukmin melihat dosanya seakan-akan ia duduk di sebuah gunung dan khawatir gunung tersebut akan menimpanya. Sedangkan seorang yang fajir (yang gemar maksiat), ia akan melihat dosanya seperti seekor lalat yang lewat begitu saja di hadapan batang hidungnya.”

Jika disebutkan bahwa ia sangka suatu dosa seperti seekor lalat yang lewat begitu saja di hadapan batang hidungnya, itu tandanya ia meremehkan dosa. Padahal, sesuatu yang dianggap remeh seperti ini di sisi Allah SWT begitu besar. Disebutkan dari jalur Ibrahim bin Al-Hajjaj dari Mahdi,

Kami menganggapnya sebagai dosa kala bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ketika seseorang mengaanggap remeh akan dosa kecil akan membuatnya malah menjadi dosa yang besar. Seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari dalam kitab Shahihnya :

Sesungguhnya kalian mengerjakan amalan (dosa) di hadapan mata kalian tipis seperti rambut, namun kami (para sahabat) yang hidup di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganggap dosa semacam itu seperti dosa besar.”

Maka dari itu menurut penjelasan yang telah dipaparkan di atas, sebagai seorang Muslim hendaknya jangan meremehkan suatu dosa karena kita tidak selalu diberikan kesempatan untuk bertaubat. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat dan senantiasa menambah keimanan kita sebagai Muslim. Aamiin.