Inilah 5 Makna Penting Dalam Bulan Ramadhan

29 Apr 2019

Bulan Ramadhan tela tiba, bulan yang penuh berkah dan safaat dari bulan-bulan lainnya. Kata ramadhan sendiri merupakan bentuk dari “mashdar” yang diambil dari kata ramidhayarmadhu yang pada mulanya memiliki arti membakar, terik dan sangat panas. Diberi nama demikian, karena pada saat ditetapkan sebagai bulan puasa di tanah Arab sedang panas terik yang bahkan bisa membakar ranting-ranting dan rumput kering.

Tidak hanya itu, Ramadhan juga bisa diartikan sebagai “Mengasah” karena pada saat itu kaum Jahiliyah sedang mengasah alat-alat perangnya seperti pedang dan panah, untuk menghadapi perang pada bulan yang akan datang. Dengan kata lain, bulan Ramadhan dapat dimaknai sebagai bulan untuk “membakar” sifat-sifat tercela pada diri dan bulan sebagai “mengasah” jiwa. Nah berikut ini adalah lima makna penting dalam bulan Ramadhan.

Bulan puasa wajib

Seperti yang kita ketahui bahwa bulan Ramadhan adalah bulan satu-satunya yang merupakan bulan di mana umat Muslim di seluruh dunia menjalankan puasa selama sebulan penuh.  Dan juga hanya bulan Ramadhan saja satu-satunya nama bulan yang diabadikan oleh Allah SWT dalam Al-Quran dalam surat Al-Baqarah ayat 185.

Ramadhan bulan Al-Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan berkah dan istimewa. Bulan Ramadhan termasuk bulan istimewa karena pada bulan ramadhan ini Al-Quran pertama kali diwahyukan dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya itu, kitab-kitab suci seperti Taurat, Zabur dan injil juga diturunkan pada bulan yang sama.

Bulan ampunan dari siksa neraka

Tercantum pada hadist yang diriwayatkan Nabi Muhammad bahwa Allah Ta’ala menjanjikan pengampunan dosa-dosa dan perlindungan diri dari siksa api neraka bagi yang berpuasa Ramadhan dengan iman dan berharap rihdonya Allah.

Bulan membaca Al-Quran

Tidak hanya menjadi bulan istimewa yang menjadi waktu diturunkannya Al-Quran, tetapi bulan Ramadhan juga menjadi bulan membaca Al-Quran. Karena pada bulan Ramadhan ini Malaikat Jibril menemui Rasulullah untuk melakukan tadarus Al-Quran bersama Nabi-nabi dan Rasul terdahulu. Dan Allah akan melipat gandakan pahala orang yang giat membaca Al-Quran di bulan ini.

Bulan kesabaran 

Karena pada saat puasa, orang-orang dilatih untuk bersikap dan berprilaku sabar dan tahan ujian. Dengan berpuasa kita akan memiliki tenaga untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat seperti marah-marah. Seperti yang Allah sampaikan pada Al-Quran surat Ar-Rad ayat 22 yang memiliki makna bahwa orang orang yang bersabar mencari keridhoan Allah, maka orang-orang itu mendapatkan tempat terbaik yakni surga.