Inilah Beberapa Amalan Sunnah Hari Jumat

24 Feb 2023

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa dan terdapat beberapa amalan Sunnah yang bisa membuat hari tersebut berbeda dibandingkan hari lainnya. Ada beragam Sunnah hari Jumat yang bisa Anda kerjakan. 

Hari Jumat, Hari Baik Bagi Umat Muslim

Hari Jumat bagi umat muslim merupakan hari baik karena terdapat keistimewaan di dalamnya. Bahkan bagi pria muslim, hari Jumat terdapat sholat Jumat yang merupakan sholat Sunnah khusus bagi pria muslim.

Banyak juga keutamaan lain yang ada di hari Jumat. Tentu saja hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi para umat muslim.

Beberapa Sunnah Hari Jumat

1. Perbanyak doa dan dzikir

Jumat merupakan salah satu hari yang sangat disukai Rasulullah. Hal inilah yang menjadikan dzikir dan doa begitu dianjurkan, terlebih pada saat hari Jumat. Tidak perlu doa saat sholat, saat Anda sedang beraktivitas seperti saat sedang menunggu sesuatu atau saat sedang berkendara. Insya Allah dzikir dan doa pada hari Jumat bisa menjadi berkah.

2.  Mandi sebelum sholat Jumat

Mandi junub atau janabah adalah mandi yang harus dilakukan jika Anda ingin bersih dari najis dan hadas. Mandi seperti ini begitu dianjurkan, terutama bagi para pria yang hendak melaksanakan sholat Jumat di masjid.

3.  Menggunakan minyak wangi

Selain mandi janabah, para pria juga disunnahkan menggunakan minyak wangi. Jenis yang digunakan bukanlah yang mengandung alkohol, tapi minyak wangi yang khusus untuk sholat.

4.  Mengenakan pakaian terbaik

Anda juga harus mengenakan pakaian terbaik. Hal ini harus diperhatikan karena menjadi Sunnah sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Tidak perlu mengenakan pakaian mahal atau yang berlebihan. Gunakan pakaian terbaik yang rapi dan bersih sehingga bisa dikenakan saat sholat Jumat.

5.  Memotong kuku, mencukur kumis dan bersiwak

Berdasarkan Imam asy-Syafii dan para ulama asy-Syafi’iyah, memotong kuku merupakan Sunnah sebelum mengerjakan sholat Jumat. Begitu juga sunah mandi, menggunakan wewangian, bersiwak, berpakaian rapi dan bersih sebelum ke masjid.

Allah SWT sangat menyukai kebersihan, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk membersihkan diri karena menjadi amalan Sunnah hari Jumat. Tidak perlu terlalu rumit. Gunakan waktu yang sebentar sebelum sholat Jumat untuk melakukan itu semua.

6.  Membaca Al-Kahfi

Pria maupun wanita disunnahkan membaca Al Kahfi sebagai amalan yang bisa dicicil sedikit demi sedikit. Meskipun tidak ada waktu membaca Al Qur’an, Anda tetap bisa menyicilnya. Awalnya mungkin terasa sulit. Tapi pasti nanti akan terbiasa.

7. Perbanyak sholawat

Selain dzikir dan doa, sebaiknya juga memperbanyak sholawat. Hari Jumat merupakan hari terbaik yang diberikan oleh Allah SWT.

8.  Menyegerakan berangkat masjid

“Berlomba-lomba dalam kebaikan” merupakan kalimat atau slogan yang biasanya didengar setiap ada kajian atau dakwah mengenai sholat, terutama Jumat. Semakin cepat menuju masjid maka semakin banyak langkah yang dilalui dalam mendapatkan pahala Allah SWT.

9.  Sedekah Jumat

Sedekah di hari Jumat seperti halnya bersedekah di bulan Ramadhan jika dibandingan sedekah di hari lain. Begitulah kata Ibnu Qayyim. Bahkan Ibnu Taimiyah membawa segala hal yang dimilikinya saat hari Jumat untuk disedekahkan ke masjid saat sholat Jumat dengan cara sembunyi-sembunyi.

Itulah beberapa amalan Sunnah hari Jumat yang bisa Anda kerjakan. Semoga kita tetap menjadi manusia yang berakhlak. Dengan mengamalkan Sunnah di atas, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, terutama pahala dari Allah SWT. Jangan sampai Anda melewatkan keistimewaan hari Jumat.