Inilah Dua Hikmah Menikah yang Perlu Diketahui

20 Jul 2019

Pernikahan adalah sebuah upaya pengikatan janji dengannmempersatukan sepasang manusia laki-laki dan perempuan dengan akad yang sudah ditentukan. Hikma menikah sendiri adalah meneruskan dan melahirkan generasi anak-anak yang shalih dan berkualitas untuk melanjutkan perjuangan dan risalah dakwa kedua orang tuanya.

Dalil-dalil dalam Al-Quran tentang pernikahan juga cukup banyak dan Allah SWT pun juga sudah memberikan sebuah kelebihan setelah menikah yakni dilancarkan rizkinya dan dipermudah segala urusannya. Hikma yang terserak di balik anjuran untuk segera menikah tersebut bertebaran mewarnai perjalanan hiduo manusia. Seperti yang telah disabdakan oleh nabi muhammad yang berbunyi: “Nikah itu sunnahku, dan siapa yang tidak suka sunnahku dia bukan termasuk dari golonganku.” (HR. Abu Ya’la). Nah berikut ini adalah 3 hikma yang ada pada perintah menikah dalam Islam.

 

Membangun rumah tangga yang Islami

Siapa sih yang tidak pernah mendengar selogan “sakinah, mawaddah dan wa rahmah” tidak akan menjadi kenyataan jika tidak melalui proses pernikahan. Kebanyakan para pengantin baru didoakan agar memiliki kelurga yang sakinah, mawaddah dan wa rahmah yang kurang lebih memiliki arti yang serba baik seperti kelurga yang harmonis dan diridhoi oleh Allah SWT. Layaknya sebuah kapal yang ada di lautan yang diombang-ambil oleh ombak. Sama halnya dengan rumah tangga yang tidak selamanya baik-baik saja, namun pastinya akan ada masalah yang akan dihadapi nantinya.

Cerita tentang kehidupan berkeluarga sahabat nabi yakni Umar bin Khatab yang banyak disegani oleh para sahabat lainnya karena kerendahan hati Umar. Sahat umar pun memberikan penjelasan bahwa kita tidak boleh hanya mengingat satu kesalahan dari istri kita, tetapi kita juga harus mengingat berjuta-juta kebaikan istri kepada keluarga kita. Oleh sebab itulah untuk membangun sebuah keluarga yang Islami harusnya menyertai prinsip kesalehan dalam sehari-hari.

 

Menyemangati dan memotivasi agar semangat dalam beribadah

Yang tercantum dalam Al-Quran dan Hadist tentang risalah islam tegas memberikan sebuah keterangan pada umat manusia bahwa mereka diciptakan oleh Allah SWT hanya untuk menyembah dan bersyujud beribadah kepada Nya. Dengan pernikahan, maka akan membuat sepasang kekasih saling mengingatkan bahwa sudah saatnya jam shalat. Tidak hanya itu, menikah juga akan mempermudah untuk saling mengingatkan dan membenarkan kesalahan satu sama lain, dan juga  dengan menikah akan mendekatkan pasangan untuk lebih giat mengerjakan shalat dan membaca Al-Quran.