Inilah Kedahsyatan Sedekah Pada Bulan Ramadhan

01 May 2019

Bulan suci Ramadhan telah tiba, bulan yang diistimewakan oleh Allah dan Rasulullah karena di dalamnya terdapat banyak sekali safaat dan ampunan bagi orang-orang yang beriman. Sedekah pada bulan Ramadhan ini juga memiliki kedahsyatan tersendiri loh, Andai Anda tahu betapa dahsyatnya sedekah di bulan Ramadhan ini. Maka apabila hatimu dibukakan untuk kebaikan dan niscaya memberi lebih kamu senangi daripada menerima. Bersedekah bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan tangan, hanya orang-orang yang memiliki ketulusan hatilah yang mampu melakukannya dengan baik dan benar.


Sebab, sangat susah bagi kebanyakan oranguntuk memberikan hasil kerja kerasnya kepada orang lain yang mungkin tidak kita kenal. Sementara tidak banyak diluar sana berlomba-lomba menuntut sesuatu yang menjadi haknya, orang-orang yang bersedekah malah berlomba-lomba untuk memberikan haknya atau upahnya kepada orang lain. Berbeda dengan berzakat mall atau sedekah lain yang bersifat wajib, sebab itu menjadi kewajiban umat muslim untuk mengeluarkannya.

Keutamaan Bersedekah

Selain beribadah puasa pada bulan Ramadhan, ada lagi ibadah yang memiliki ganjaran dan pahala yang berlipat-lipat ganda pada bulan Ramadhan yakni bersedekah. Sedekah adalah suatu hal yang sangat didianjurkan dalam agama Islam, dan sedekah di dalam bulan Ramadhan lebih diutamakan lagi. Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW telah berulangkali memperingatkan dan memerintahkan kepada kita semua untuk senantiasa menjadi orang yang dermawan. Orang termasuk dermawan jika orang tersebut memberi tanpa diminta.

Dan ketahuilah bahwa dermawan adalah salah satu sifat yang dimiliki Allah Ta’ala, seperti yang yang diabadikan dalam hadits yang memiliki arti:

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, ia membenci akhlak yang buruk.” HR Al-Baihaqi.


Sedangkan pada bulan suci Ramadhan semua amal baik akan dilipatgandakan pahalanya, pintu-pintu surga dibuka selebar-lebarnya, pintu neraka ditutup serta doa-doa dan amalan-amalan akan dikabulkan dan diterima. Bersedekah adalah salah satu amalan-amalan yang ringan yang memiliki pahala yang besar pada bulan biasa, apalagi dilakukan pada bulan Ramadhan yang akan dilipatgandakan sebesar ratusan kali lipat.

Keistimewaan Sedekah

Allah SWT benar-benar telah memuliakan orang-orang yang gemar bersedekah. Allah Ta’ala telah menjanjikan banyak sekali kemuliaan dan keutamaan bagi para orang-orang yang rajin mengeluarkan sedekah. Ada banyak sekali dalil dan ayat yang menerangkan dan menceritakan tentang keutamaan, kemuliaan dan keberuntungan orang-orang yang senang sekali bersedekah. Karena terlalu banyaknya keutamaan dari bersedekah ini, seakan-akan semua kebaikan terkumpul didalamnya menjadi satuoleh karena itulah, jika kita mengetahui betapa dasyatnya keutamaan sedekah ini, maka niscaya memberi lebih kamu senangi daripada menerima.

1. Sedekah menghapuskan dosa-dosa

2. Sedekah menjadi kunci dibukanya pintu rezeki

3. Sedekah bisa menjadi naungan di hari akhir

4. Allah SWT mengganti berlipat-lipat kali sedekahnya

5. Masuk surga dari pintu sedekah

6. Sedekah menjauhkan siksa api neraka

7. Pahala sedekah jariyah akan terus mengalir

Nah itulah sedikit rangkuman tentang keistimewaan bersedekah yang tidak banyak orang tahu. Yuk di bulan suci Ramadhan ini kita meningkatkan seluruh ibadah kita untuk mendapatkan ridho dan berkah dari Allah SWT. Semoga bermanfaat untuk kita semua.