Inilah Sunnah-sunnah di Hari Idul Fitri yang Perlu Diketahui

06 Jun 2019

Idul Fitri adalah hari raya bai umat Muslim di seluruh dunia setelah menjalani ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Rasulullah adalah Nabi dan Rasul yang wajib menjadi tuntunan di setiap kegiatan dan ibadah sehari-hari agar mendapatkan berkah dan pahala yang melimpah. Seperti berikut ini adalah amalan-amalan sunnah yang Nabi Muhammad SAW ajarkan ketika datangnya Idul Fitri.

Berhias diri dan mandi sebelum berangkat shalat Idul Fitri

Selain membuat tubuh lebih segar dan wangi, mandi pagi sebelum shalat Idul Fitri juga salah satu sunnah dari Rasulullah yang mampu mendapatkan pahala berlipat ganda. Terdapat riwayat shahih dalam Kitab Al-Muwaththa dan lainnya bahwa Abdullah bin Umar mandi pagi sebelum berangkat menunaikan shalat Idul Fitri dan juga tidak lupa wewangian dan mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya. Sementara untuk para wanita, hendaknya untuk menjauhi perhiasan dan parfum apabila sedang di luar rumah. 

Sarapan sebelum berangkat shalat Idul Fitri

Berbeda dengan sunnah yang ada di Idul Adha yang dianjurkan untuk sarapan setelah shalat Id, tetapi berbeda dengan Idul Fitri yang dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri.seperti yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, beliau berkata yang artinya:

Adalah Rasulullah SAW tidak berangkat pada hari Idul Fitri sebelum memakan beberapa butir kurma, dan beliau memakannya dengan jumlah ganjil.” HR Bukhari.

Memperbanyak Takbir

Seperti yang Allah Ta’ala firmankan pada surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya:

Dan hendaklah kamu mengucapkan bilangannya dan henddaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” QS Al-Baqarah 185.

Terdapat riwayat yang shahih dari Abu Abdurrahman As Silmi, beliau berkata “Mereka para hari Idul Fitri lebih keras dibanding Idul Adha.” Yang dimaksud keras disini adalah bertakbir. Rasulullah mensunnahkan untuk mengumandangkan takbir hingga imam shalat Idul Fitri datang dan memulai shalatnya.

Nah itulah beberapa sunnah yang bisa kita lakukan di hari Idul Fitri yang suci, sebenarnya masih banyak lagi sunnah-sunnah yang nabi ajarkan kepada kita seperti bermaaf-maafan dan bersedekah di hari yang fitri ini. Semoga bermanfaat.