Inilah Sunnah-Sunnah saat Puasa Ala Rasulullah

01 Apr 2019

Bulan Ramadhan telah tiba, bulan yang penuh ampunan dan berkah serta di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan yakni malam Lailatul Qadar. Dalam bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan-amalan baik yang mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, serta semua amalan-amalan pada bulan Ramadhan ini akan dilipat gandakan beratus-ratus kali lipat pahalanya. Nah berikut ini adalah hal sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW saat melakukan puasa Ramadhan, yuk cari tau apa aja sih.

Berbuka di awal waktu

Siapa yang menyangka ternyata kebiasaan Nabi saat berpuasa Ramadhan adalah berbuka puasa di awal waktu loh. Rasulullah bersabda yang artinya:

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.

Nabi Muhammad SAW biasa berbuka diawal waktu yakni sebelum menunaikan shalat magrib dan bukan setelah shalat magrib selesai dilakukan. Inilah contoh dan akhlaq dari suri tauladan Rasulullah SAW yang wajib kita teladani dan kita tiru.

Makan Sahur di akhir waktu

Nah berbeda dengan berbuka yang di sunnahkan dilakukan diawal waktu, tetapi saat sahur kita dianjurkan untuk makan diakhir waktu. Maksud dari makan sahur pada akhir waktu adalah agar orang-orang yang berpuasa lebih kuat dan bertenaga sampai sore harinya. Allah Swt juga memberkahi orang-orang yang melakukan sahur seperti sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini:

Sahur adalah makanan yang penuh berkah. Oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya sekalipun hanya dengan minum seteguk air putih. Karena sesungguhnya Allah dan para malaikat bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur

Rasululllah mensunnahkan melakuka makan sahur di akhir waktu walau hanya dengan seteguk air putih.

Berbuka dengan yang manis-manis dan segar

Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Anas, bahwa saat waktu berbuka telah tiba maka disunnahkan untuk minum air putih dan mengkonsumsi makanan manis-manis seperti kurma bebera butir, jika tidak mendapati kurma maka bisa diganti dengan makanan manis lainnya. Karena kandungan pada buah kurma memiliki serat dan protein yang mampu membuat tubuh kembali segar setelah seharian berpuasa.