Keajaiban Dan Manfaat Infaq Dalam Islam

01 Jun 2022

Hampir semua orang sudah mengetahui banyaknya manfaat infaq. Tetapi, beberapa orang belum bisa membedakan perbedaan antara sedekah dan infaq. Sedekah merupakan bentuk amalan dimana kita menyisihkan materi atau non materi untuk kepentingan orang banyak misalnya harta, ilmu yang bermanfaat, atau pun sebuah senyuman. Sedangkan infaq adalah menyisihkan harta atau kekayaan untuk kebaikan orang banyak. 

 

Dari pengertian di atas kamu pasti sudah bisa membedakan bahwa sedekah memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan infaq dari segi harta atau barang yang diberikan. Namun, walaupun begitu infaq juga memiliki banyak manfaat baik untuk pemberi maupun penerima. Misalnya, bagi penerima infaq akan bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan hidup serta keluarganya. 

 

5 Manfaat Infaq Bagi Pemberi

 

Tidak hanya mendapatkan pahala, manfaat infaq bisa kita rasakan dalam ruang lingkup yang lebih luas terutama bagi pemberinya. Misalnya, berinfaq sama dengan ikut membantu orang lain meningkatkan kondisi finansialnya. Dan dengan berbuat baik seperti ini, pastinya kamu pun sebagai pemberi akan ikut merasa puas dan berharga. 

 

Adapun manfaat infaq dalam Islam yang bisa kamu rasakan adalah sebagai berikut:

 

  1. Mensucikan Harta

 

Harta yang kita miliki di dunia ini hanyalah sebuah titipan. Bahkan dalam setiap harta yang kita peroleh sebagiannya terkandung milik dari orang lain. Oleh karena itu, dengan berinfaq kamu tidak hanya membersihkan harta yang kamu miliki tetapi juga menambah keberkahannya saat digunakan oleh kamu ataupun keluarga. 

 

  1. Menambah Dan Melipat Gandakan Rezeki

 

Menyisihkan sebagian harta untuk berinfaq tidak akan membuat kita menjadi miskin atau pun kekurangan. Justru sebaliknya, Allah SWT akan melipat gandakan harta kita. Bahkan dalam sebuah Surah di Al-Qur'an dinyatakan bahwa berinfaq sama dengan menanam biji yang akan kita panen tujuh kali lipat dari apa yang kita tanam. Jadi, jangan pernah takut harta akan berkurang saat kamu menyisihkannya untuk berinfaq. 

 

  1. Menjauhkan Dari Musibah

 

Manfaat infaq lain yang bisa kamu rasakan adalah menjauhkan kita dari musibah. Saat kita membantu orang lain, tanpa sadar orang yang kita bantu akan mendoakan kita. Dan doa itulah yang kemudian akan menjauhkan kita dari berbagai musibah. Jadi, pastikan kamu berinfaq secara rutin dengan perasaan tulus dan ikhlas. 

 

  1. Penyempurna Amal Ibadah

 

Sholat memang tiang dari agama, tetapi ibadah kamu tidak akan sempurna jika kamu tidak berinfaq ataupun  bersedekah. Infaq juga merupakan salah satu ibadah yang tidak hanya mendekatkan kamu dengan Allah SWT, tetapi juga bermanfaat bagi banyak orang di sekitar. Karena dengan berinfaq kamu ikut serta dalam membantu dan mensejahterakan orang-orang yang membutuhkan. 

 

  1. Masuk Surga Dengan Sebuah Pintu Khusus

 

Orang yang rajin mengingatkan hartanya di jalan oleh termasuk dalam seorang yang dermawan. Orang yang dermawan dijanjikan sebuah pintu khusus yang akan membawanya masuk ke dalam surga. Pintu surga ini bernama pintu Babus Shadaqah yang akan terbuka lebar jika kamu gemar menyisihkan harta untuk berinfaq dan sodaqoh. 

 

Itulah kelima manfaat infaq yang bisa kamu dapatkan jika gemar menyisihkan harta di jalan Allah SWT. Infaq ini tidak memiliki nominal khusus yang harus dicapai, kamu bisa memberikan infaq sesuai dengan kemampuan. Infaq juga bisa kamu berikan secara rutin saat beribadah ke mesjid ataupun langsung memberikannya kepada orang yang membutuhkan. Jadi, pastikan tanam kebiasaan berinfaq dalam diri kamu agar mendapatkan keberkahan di dunia dan akhirat.