Keistimewaan Kota Madinah, Kota Suci Setelah Makkah

16 Apr 2023

Keistimewaan kota Madinah tidak bisa dibantah lagi, kota hijrah nabi Muhammad SAW ini sudah mendunia sejak lama. Kota Madinah merupakan salah satu dari dua kota suci di tanah haram yang memiliki banyak keistimewaan.

Bicara soal keistimewaan, apalagi yang dapat dibantah dari bangunan megah tempat ibadah umat Islam yang dibangun nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Ketika Anda beribadah haji, maka akan datang dan melihat betapa masjid ini sangat menawan.

Kali ini, kami juga akan membahas mengenai keindahan  serta keistimewaan kota Madinah. Anda bisa membaca artikel ini hingga akhir, agar bisa mengetahui berita istimewanya kota ini.

Berbagai Keistimewaan Kota Madinah

Kota Madinah, sering disebut kota suci kedua dan tanah haram. Ada banyak keistimewaan yang dimilikinya, yang membuatnya sangat dikagumi banyak orang. Madinah, dahulu dikenal dengan Yastrib, yang merupakan kota hijrah nabi Muhammad SAW.

Di sana ada, masjid terahir yang dibangun nabi muhammad bersama sahabat- sahabatnya. Kota ini berada di padang pasir yang subur di. Pada bagian barat laut terdapat bukit yang bernama Sila, di bagian selat ada bukit Eir dan Wadi Al Aqiq, sebelah utara ada Jabal Uhud, Jabar Surd An Wadi Qanat.

Sedangkan di bagian timur ada kawasan Tanah Hitam  Waqim Asy Syar'iyyah dan sebelah barat ada dibatasi Harrah wbra Al Gharbiyyah. Rasulullah saw sendiri yang menjadikan tanah haram atau tanah suci ini setelah Makkah Al Mukarramah.

Dari ulasan di atas, sudah jelas kalau Madinah merupakan tempat yang mulia.  Ada beberapa hal lain yang menjadikan keistimewaan kota Madinah. Untuk mengetahuinya kami sudah merangkumnya untuk Anda, jadi simak baik baik.

Tanah yang Disucikan oleh Nabi Muhammad SAW

Kota yang disucikan, sudah tertulis dalam hadis riwayat Bukhari. Lantas Nabi Muhammad SAW bersada bahwa sesungguhnya Nabi Ibrahim mengharamkan makan dan berdoa untuknya. Maka aku akan mengharamkan Madinah sebagaimana Ibrahim mengharamkan Makkah.

Sedangkan hadis menurut Anas RA: sesungguhnya nabi berdoa Ya Allah jadikanlah keberkahan  Madinah 2x lipat daripada keberkahan kepada kota Makkah  yang Engkau berikan .

Kota yang Permai Karena Jumhur Ulama

Ada banyak ulama seperti Imam Malik, Imam Ahmad, dan Imam Syafii, menegaskan bahwa hukum menangkap binatang buruan dan menebang pohon di Madinah. Hal tersebut telah diharamkan berdasarkan perintah nabi.

Perintah tersebut telah tertulis dalam hadis riwayat Muslim, yang berbunyi Sesungguhnya nabi ibrahim memuliakan Makkah, dan aku akan memuliakan Madinah. Diantara kedua tanah hitam, jangan menebang pohon pohonnya, dan jangan menangkap binatang buruan di sana.

Kota yang Sangat Dilindungi Allah

Kota Madinah selalu dilinduningi Allah dan malaikat dari seluruh manusia laknat yang suka melakukan hal zalim dan kemaksiatan di Madinah. Hal ini juga sudah ada dalam hadis nabi Muhammad SAW, Madinah adalah tanah haram, yang ada di antara bukit Eir dan bukit Thur. Barang siapa yang melakukan kezaliman di dalamnya, maka akan dilaknat Allah. Baik manusia ataupun malaikat, semua amal baiknya tidak akan diterima oleh Allah dihari kiamat kelak.

Itulah kenapa hingga kini tingkat kriminalitas Madinah sangat kecil. Seluruh umat yang datang ke sana harus saling menghormati dan menyayangi sebagai sesama muslim. Keistimewaan kota Madinah ini menjadi bukti bahwa nabi Muhammad SAW, sangat menyayangi umat muslim dan memberikan perlindungan yang sangat istimewa pada kota ini.

Keyword : keistimewaan kota Madinah