Keutamaan Dan Manfaat Sholat 5 Waktu Dalam Kehidupan Sehari-hari

25 Feb 2023

Pentingnya sholat 5 waktu sudah sering diajarkan oleh orang tua atau pun guru agama di sekolah karena sholat merupakan tiang agama. Oleh karena itu, setiap umat muslim diwajibkan menjalankan sholat sebanyak lima waktu dalam satu hari sebagai bentuk ketaatan dan keimanan kita kepada Allah SWT. 

Namun, ternyata sholat 5 waktu tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan kita di akhirat kelak. Tetapi juga, bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari termasuk bagi tubuh dan pikiran kita. Selain itu, sholat juga bisa membangun kepribadian seseorang menjadi lebih disiplin dan menghargai waktu. 

Manfaat-manfaat Sholat 5 Waktu Bagi Kehidupan Sehari-hari

Manfaat sholat tidak hanya berkaitan erat dengan pahala tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kehidupan sehari-hari. Itu karena setiap gerakan dalam sholat secara tidak langsung memberikan dampak-dampak positif  bagi organ tubuh. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak beberapa manfaat sholat 5 waktu untuk kehidupan sehari-hari:

1. Melancarkan Peredaran Darah dan Kesehatan Jantung

Gerakan-gerakan sholat seperti ruku dan sujud ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti melancarkan peredaran darah. Hal itu karena saat ruku tubuh bagian atas mengatur kelancaran sirkulasi darah. Sedangkan saat sujud, tubuh bagian bawah yang mengatur sirkulasi darah seluruh tubuh. 

Lalu, gerakan Quud bisa berdampak baik bagi kesehatan pencernaan seperti melemaskan usus, mencegah penyakit sembelit, dan meningkatkan fungsi hati. Kemudian, ajaibnya lagi gerakan sholat juga dapat meringankan nyeri punggung atau sendiri karena saat bergerak dalam sholat seluruh tubuh seakan berelaksasi. 

2.  Mengurangi Stress Dan Melatih Fokus

Sholat 5 waktu mampu memberikan ketenangan ke setiap orang yang menjalakannya. Sehingga, saat kita melakukannya secara rutin akan meningkatkan ketenangan, kedamaian, dan kebahagiaan hati. Selain itu, sholat juga akan meningkatkan konsentrasi dan fokus karena saat menjalankan sholat kita dituntut untuk khusyu dan mengabaikan gangguan sekitar. Oleh karena itu, sholat juga bisa menjadi sebuah latihan yang baik untuk melatih fokus. 

3.  Belajar Menghargai Waktu Dan Disiplin

Sejak kecil kita diajarkan untuk tidak menunda-nunda waktu sholat. Tanpa sadar kebiasaan ini juga akan membangun sikap disiplin dan menghargai waktu dalam diri kita. Karena pada dasarnya waktu adalah hal penting yang mudah hilang tetapi tidak bisa dikembalikan. Oleh karena itu, pergunakanlah waktu sebaik mungkin salah satunya untuk beribadah. Kebiasaan tepat waktu saat sholat 5 waktu juga akan membuat kita terbiasa disiplin dalam banyak hal seperti dalam bidang pekerjaan. 

4. Tubuh Menjadi Sehat Dan Bugar

Dari poin-poin di atas kita mengetahui bahwa sholat meningkatkan kesehatan tubuh dan jiwa. Jika kedua hal ini tercapai, maka tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar baik secara jasmani maupun rohani. Tentunya, manfaat ini juga akan membuat kita menjadi individu yang lebih bahagia dan panjang umur karena kesehatan selalu terjaga. Oleh karena itu, jangan pernah mengeluh lagi malas atau lelah saat harus menjalankan sholat 5 waktu karena manfaat yang kamu dapatkan sangatlah banyak. 

Itulah 4 manfaat sholat 5 waktu yang baik bagi kesehatan tubuh dan mental. Pastikan kamu tetap menjalankan ibadah sholat dalam kondisi apapun, karena sholat tidak hanya meningkatkan keimanan kita tetapi juga memberikan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Namun, tetap pastikan kamu menjalankan ibadah sholat dengan perasaan ikhlas dan tulus semata-mata hanya karena Allah SWT. Jadi, apakah kamu sudah sholat hari ini?