Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Malam Jumat

26 Dec 2019

Hari hari dalam seminggu memiliki keistimewaan tersendiri, namun ada satu hari yang sangat istimewa dan dimuliakan di dalam agama Islam yakni hari Jumat. Pada hari ini umat muslim dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan baik mulai dari sholat jumat, beramal, beristigfar memohon ampun, membersihkan diri dari najis, dan masih banyak lagi. Namun ada keutamaan lain yang bisa Anda dapatkan pada hari jumat tiba, yakni membaca Surat Al-Kahfi.

Surat Al Kahfi merupakan salah satu Surat dalam Al Quran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya. Bahkan dalam beberapa hadis menyatakan bahwa surat Al-Khafi mampu melindungi seseorang dari fitnah Dajjal yang keji pada akhir zaman kelak.

Hal ini dijelaskan pula oleh seorang ulama. Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam kitab Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca Surat Al Kahfi.Sebenarnya membaca Surat Al Kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat saja melainkan setiap hari.

Mengapa membaca Surat Al Kahfi dianjurkan dibaca setiap malam Jumat atau hari Jumat? Apa keistimewaan dan keutamannya? Berikut penjelasannya:

Terhindar dari fitnah dajjal

Yup, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa orang yang rajin membaca dan sekaligus menghafal surat Al-kahfi maka akan mendapatkan syafaat dan mampu terhindar dari fitnah dajjal. Dari hadis Ibnu Umar R.A, berkata:

“Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakar bin Mardawaih). Dajjal diketahui merupakan satu di antara tanda-tanda kiamat. Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa:

“Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar.” (HR Ahmad).

Mendapatkan Ridho dari Allah SWT dan Diterangi Cahaya

Pada malam jumat setiap muslim dianjurkan untuk membaca surat Al-kahfi karena memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah akan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasullullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca Surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad). Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri R.A disebutkan:

"Barangsiapa membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249).

Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasullulah SAW bersabda bahwa "Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.’”

Nah itulah beberapa keutamaan membaca surat Al-kahfi yang jarang orang ketahui. Pada dasarnya semua isi di dalam Alquran memiliki banyak sekali keberkahan dan safaat, tidak hanya surat Al-kahfi saja. Mulailah untuk membaca AlQuran secara benar agar mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT.