Kewajiban Orang Tua Mengajarkan Adab Pada Anak

26 Apr 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Penting bagi orang tua untuk mengajarkan ajaran-ajaran baik dan sesuai dengan ajaran agama Islam kepada anak-anaknya sejak masih kecil. Ajaran yang perlu diajarkan sejak dini contohnya adalah adab-adab terpuji kepada orang tua, teman, saudara, dan yang terpenting kepada Allah SWT.

Dalam Islam, mengajarkan adab kepada anak merupakan perintah langsung dari Rasulullah SAW. Hal ini dijelaskan pada hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik, yang bunyinya :

"Hormatilah anak-anak kalian dan perbaikilah adab-adab mereka.”

Selanjutnya, mengajarkan anak tentang adab-adab yang baik kelak akan mendapat pertolongan pada hari kiamat. Dijelaskan pada hadis yang bermula dari Abu Dzar, Rasulullah bersabda :

“Wahai kaum muslimin, barangsiapa yang dikarunia rizeki anak oleh Allah, maka wajib baginya mengajarkan adab dan mendidik anaknya tersebut. Karena barangsiapa mendidik anak dan mengajarkan adab padanya, maka Allah akan memberikan rizeki syafaat padanya. Barangsiapa membiarkan anaknya bodoh, maka setiap dosa yang dilakukan anak akan ditimpakan padanya.”

Mengajarkan adab dalam keluarga merupakan hal yang utama karena segala sesuatu dimulai dari keluarga. Keluarga diibaratkan sebagai pendidikan pertama bagi seorang anak orang tualah yang menjadi gurunya. Bagaimana orang tua memberikan teladan dan mencontohkan adab-adab yang sesuai dengan ajaran Islam. Akhirnya, dapat dikatakan bahwa peran orang tua dan keluargalah yang membentuk nilai baik atau buruknya akan sesuatu.

Sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, beliau telah memberikan contoh-contoh yang baik dan dikenal penyayang dan penuh kelembutan sekaligus penyabar, tidak suka membentak anaknya namun tegas dalam urusan agama. Contohnya, beliaau mengajarkan ilmu Tauhid atau ketuhanan, lalu ilmu Agama tentunya, mengajarkan tata cara shalat, bacaan doa, dan mengajarkan berbakti kepada orang tua. Dengan cara yang lemah lembut akhirnya anak dapat menyukai ajaran Islam tanpa harus merasa terpaksa atau terbebani.

            Ajaran adab-adab yang baik dengan diikuti sifat yang lemah lembut pada anak akan menjadikan anak sebagai pribadi yang lebih lembut dan tenang dalam menghadapi berbagai situasi mendatang.