Ladang Pahala, Berikut Amalan Sunnah Hari Jumat

10 Jun 2022

Semua hari di dalam agama Islam adalah hari baik, tapi ada salah satu hari yang istimewa, yaitu hari Jumat. Karena hal inilah ada beberapa amalan sunnah hari Jumat dan berlanjut di hari berikutnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala. 

Ada beberapa hadits yang menyebutkan tentang keistimewaan hari Jumat, salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW bersabda: 'Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Di hari tersebut saat diciptakannya Adam, kemudian  dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya ia dari surga'.

Selain itu hadist yang diriwayatkan oleh Al-Imam al-Syafi'i dan al-Imam Ahmad, juga menyatakan jika hari Jumat adalah rajanya hari, sebab hari tersebut Allah SWT menciptakan Adam, menjadi hari wafatnya Nabi Adam, dan kiamat pun nantinya akan terjadi di hari Jumat. Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, jika ada beberapa amalan sunnah yang dianjurkan dilakukan pada hari Jumat. Apa sajakah amalan tersebut?

1. Membaca Surat Al-khafi

Amalan sunnah pertama yang dianjurkan dilakukan pada hari Jumat adalah membaca surat Al-khafi. Tak hanya memberikan pahala kepada pembacanya, tapi surat Al-Khafi juga menjadi salah satu cara agar terhindar dari fitnah dajjal. Ini disebutkan dalam hadits riwayat Muslim, yang berbunyi 'Barang siapa yang membaca 10 ayat pertama dari Al-khafi maka ia akan terlindungi dari fitnah dajjal'

2. Perbanyak Sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW 

Amalan sunnah selanjutnya yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat adalah Sholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Ini merupakan amalan yang mulia dan dapat menjadi penolong baik di dunia dan di akhirat nanti. Dalam hadits riwayat Baihaqi pun mengatakan jika Allah akan bersholawat 10 kali untuk seorang muslim yang bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW di hari Jumat. 

3. Bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis

Amalan sunnah hari jumat selanjutnya adalah amalan yang dianjurkan untuk laki-laki yang akan melaksanakan solat Jumat. Ya, sebelum ke masjid untuk melaksanakan solat Jumat, maka bagi Anda yang laki-laki bisa melakukan amalan sunnah seperti Bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis. Amalan ini selalu dilakukan oleh Rasulullah sebelum beliau ke masjid. 

4. Mandi Jumat, Memakai Pakai Barsih, dan Memakai Wewangian Untuk Solat Jumat 

Hari Jumat merupakan hari raya bagi umat muslim karena hal tersebutlah bagi laki-laki yang hendak melakukan solat Jumat, maka dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Lalu, pakaian baju yang bersih dan indah, dan gunakan wewangian ketika hendak melaksanakan solat Jumat. 

5. Memperbanyak Dzikir dan Doa

Hal lainnya yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat adalah memperbanyak dzikir dan doa. Dengan dzikir akan membuat Anda selalu mengingat Allah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, berdoa di hari Jumat adalah waktu mustajab untuk meminta atau beroda kepada Allah SWT. 

6. Membaca Surat Yasin dan As-Saffat

Selain membaca surat Al-khafi, Anda juga dianjurkan untuk membaca surat Yasin dan As-Saffat. Dalam sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh Abu Daud, menyatakan jika Allah SWT akan mengabulkan permintaan seseorang yang membaca surat Yasin dan As-Saffat pada hari Jumat. 

 

Itulah beberapa amalan Sunnah hari Jumat yang dapat Anda kerjakan untuk mendapatkan pahala dan segala keutamaannya. Sunnah memang tak akan mendapatkan dosa jika ditinggalkan, tapi akan menjadi pahala jika dikerjakan, untuk itu tak ada salahnya melakukan amalan sunnah agar memperbanyak pahala dan segala manfaat amalan sunnah pun akan kembali ke diri kita, jadi tidak akan rugi.