Manfaat Infaq Dalam Ajaran Agama Islam

31 Jan 2023

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang manfaat infaq bagi umat muslim di seluruh dunia. Infaq sendiri merupakan bentuk ibadah mulia bagi setiap umat muslim untuk bisa saling berbagi dengan sesama umat. Meskipun tidak wajib, namun dengan manfaat berinfaq bisa dirasakan di kemudian hari. 

Manfaat Infaq Bagi Pemberi

Agar umat muslim bisa rajin berinfaq maka perlu mengetahui manfaat infaq untuk diri sendiri terlebih dahulu sebagai seorang muslim. Berikut ini beberapa manfaat bagi pemberi yang wajib untuk diketahui, yaitu:

  1. Membantu Banyak Umat Dalam Pembangunan Masjid dan Fasilitanya

Saat berinfaq di masjid, maka uang yang terkumpul bisa digunakan untuk pembenahan masjid ataupun melengkapi berbagai peralatan untuk keperluan masjid. Dengan begitu orang yang beribadah di masjid bisa nyaman dan tenang. Dengan begitu sadar atau tidak sadar, harta yang digunakan untuk berinfaq bisa bermanfaat untuk banyak orang.

  1. Membukakan Pintu Rezeki 

Setiap perbuatan pasti ada balasannya. Jika seseorang melakukan kebaikan, maka kebaikan tersebut juga akan kembali ke diri sendiri. Salah satu tindakan yang mencerminkan hal yang baik adalah  dengan berinfak. Saat seseorang berinfaq, berarti sudah melakukan satu kebaikan dan menjadi amalan yang sangat disukai oleh Allah SWT. 

Ketika Anda berinfak dengan tujuan yang ikhlas, Allah akan langsung menggantikan semua harta yang dibelanjakan di jalan Allah tersebut. Dengan demikian, seseorang akan memperoleh rezeki dari infaq tersebut. Mengenai janji Allah yang akan menggantikan harta benda yang sudah diinfaqkan terdapat dalam Q.S. Saba’ ayat 39.

  1. Menjaga Keberkahan Rezeki

Berbicara soal keberkahan, tentu hanya Allah SWT lah yang tahu apakah harta kita selama ini berkah atau tidak. Sebagai umat manusia, kita hanya bisa berusaha memperoleh rezeki yang halal dan baik. Salah satu cara agar rezeki seseorang menjadi berkah yaitu dengan berinfaq.

  1. Melipat  Gandakan Rezeki

Mungkin sudah ada banyak orang yang merasakan keajaiban dari berinfaq. Di suatu waktu mungkin saja kita pernah tiba-tiba memperoleh rezeki yang tidak terduga sebelumnya. Bahkan kita sadar rezeki yang kita dapatkan tersebut lebih dari apa yang sudah kita sedekahkan di jalan Allah SWT.

Itulah bukti bahwa janji sang pencipta alam semesta  itu benar dan pasti. Harta yang diberikan untuk diinfaqkan ke jalan Allah, maka akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah ayat 261.

Manfaat Infaq Bagi Pihak Penerima

Manfaat berinfaq tentu bukan hanya dirasakan oleh pemberi saja, namun bisa dirasakan oleh pihak yang menerima infaq tersebut. Dilihat dari ulasan diatas maka dapat disimpulakan bahwa manfaat infaq bagi penerima adalah sebagai berikut, yaitu:

  1.   Menambah Rasa Syukur Kita

Sebagai seorang muslim, kita harus selalu bersyukur dalam berbagai  macam keadaan. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menambah rasa syukur. Salah satunya adalah dengan berinfak. Dengan banyaknya orang yang peduli, maka sudah sepantasnya pemberian tersebut dapat menambah rasa syukur bagi pihak penerimanya.

  1. Harta yang Sudah Diberikan dapat Bermanfaat

Sudah selayaknya infaq dari orang lain dapat digunakan ke hal-hal yang positif. Ini bisa digunakan untuk membangun masjid, membangun pesantren, dan lain-lain.

 

Ada banyak manfaat infaq yang didapatkan bagi pemberi dan penerima. Dengan menyisihkan harta benda di jalan Allah tidak akan membuat seorang umat menjadi rugi melainkan justru akan semakin bertambah berkah.