Manfaat Pernikahan dalam Islam

08 Jul 2019

Seperti yang Anda ketahui bahwa manfaat dari menikah sangatlah banyak, namun mari kita kutip beberapa saja faedah dari pernikahan yang disebutkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dari kitabnya.

Hal pertama adalah dengan pernikahan maka Anda akan mendapatkan keturunan, yang mana ada di dalam kitab ada beberapa hal yang bernilai ibadah:

1. Hal yang pertama adalah untuk meneruskan kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini dan itu adalah perintah Allah SWT seperti yang ada di dalam Hadist Rasulullah SAw yang artinya:

“Kawinlah kalian supaya kalian berketurunan.” H.R. Ahmad.

 

2. Dan yang kedua adalah supaya mendapatkan cintanya Rasulullah SAW dengan cara kita memperbanyak umatnya yang mana beliau bangga dengan banyaknya umat saat di akhirat kelak. Sebagaimana telah Rasulullah sabdakan yang artinya:

Kawinlah kalian sehingga kalian akan banyak karena sesungguhnya aku akan membanggakan kalian kepada umat yang lain pada hari kiamat, walaupun dengan bayi yang gugur.” H.R. Ahmad.

 

3. Hadis Rasulullah yang selanjutnya adalah tentang doa anak yang sholih dan sholiha kelak bisa untuk kedua orang tuanya, karena doa anak-anak sholih mampu menjauhkan kedua orangtuanya dari api nerakah. Seperti yang Rasulullah Sabdakan yang artinya:

Jika anak adam meninggal maka putuslah amalnya kecuali tiga hal, di antaranya anak soleh yang selalu mendo’akannya.

 

4. Mengharapkan sebuah safaat dari anak itu jika meninggal dalam keadaan belum baligh, sebagaimana dalam hadist Rasulullah SAW yang artinya:

Jika hari kiamat tiba tatkala orang-orang sedang dihisab, maka berkumpullah anak-anak yang meninggal sebelum baligh maka dikatakanlah kepada mereka, masuklah kalian ke dalam surga maka mereka mengatakan kami tidak akan masuk surga sehingga orang tua kami juga masuk surga ,maka dikatakan kepada mereka, masuklah kalian beserta orang tua kalian ke dalam surga.” Ihya’ Ulumuddin.

 

5. Dengan menikah maka Anda akan dengan mudah memanen pahala dengan mencarikan nafkah untuk keluarga, bersabar dalam mendidik keluarga, mendidik anak untuk beribadah dan murah senyum ke istri, yang mana perbuatan mulia itu semua mengandung banyak sekali pahala yang sangat berlimpah.

Oleh karena itu, bagi kalian para pemuda-pemudi yang sudah memenuhi syarat untuk menikah, maka bersegeralah melaksanakannya.