Manfaat Sholat Tahajud

06 Feb 2023

Apakah Anda sudah tahu tentang manfaat sholat tahajud? Ya, perlu diketahui memang ada banyak sekali manfaat dari sholat tahajud, meskipun saat beribadah pantasnya kita tak boleh meminta apapun atau harus dengan ikhlas, tapi rasa ikhlas memang bisa sulit ditumbuhkan dan harus secara bertahap. Nah, mungkin dengan mengetahui manfaat terlebih dahulu, Anda pun akhirnya akan giat beribadah sholat tahajud yang lama kelamaan akan menjadi iklas melaksanakan sholat tahajud ini. 

Sholat tahajud sendiri merupakan ibadah sunnah, yang jika dilakukan insyaallah dapat pahala, dan jika memang tidak dapat Anda kerjakan, maka Anda tak akan mendapatkan dosa apapun. Sebagai umat Islam, hidup di dunia adalah mencari ridho Allah SWT dan mencari pahala sebanyak mungkin, sehingga jika bisa jangan sampai melewatkan untuk melaksanakan sholat tahajud meksipun ini adalah ibadah sunnah.

Sholat tahajud sendiri merupakan sholat yang dikerjakan pada waktu sepertiga malam atau dari pukul 03.00 sampai menjelang subuh. Pada waktu itulah doa akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT, ini memang salah satu keutamaan atau manfaat dari sholat tahajud. Selain itu apa saja kira-kira manfaat lainnya dari sholat tahajud? Untuk mengetahui manfaat lainnya, mari, langsung saja simak ulasan berikut ini!

Berbagai Manfaat Sholat Tahajud 

Berbagai Manfaat yang insyaallah akan Anda dapatkan dari mengerjakan sholat tahajud adalah sebagai berikut ini. 

  1. Mendapatkan ketenangan hati dan pikiran, sebab sholat tahajud adalah waktu paling tepat untuk berkomunikasi kepada Allah SWT. Anda dapat mencurahkan segala keresahan dan masalah kepada Allah SWT, sehingga membuat lebih dekat dengan Allah SWT dan akan menimbulkan rasa tenang untuk diri sendiri. 

  2. Membuat tubuh lebih sehat dan pencegahan dari perbuatan dosa, seperti sabda Rasulullah SAW: Lakukanlah sholat malam (tahajud) karena perbuatan itu adalah tradisi dari orang-orang saleh sebelum kalian, sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah diri dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan yang sudah diperbuat, dan sebagai pencegah segala macam penyakit dari tubuh (HR. Tirmidzi) 

  3. Diampuni dosa-dosa, dalam sebuah riwayat hadits menyatakan jika Allah SWT berfirman jika Allah SWT akab turun ke langit dunia saat sepertiga malam, dan Allah SWT akan mengabulkan segala doa dan mengampuni segala dosa. Karena hal tersebutlah, jika sepertiga malam disebut sebagai waktu paling tepat untuk beroda dan memohon ampun kepada Allah SWT. 

  4. Mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah SWT, ini seperti dalam surat Al-Isra bahwa manfaat sholat tahajud dapat meninggikan derajat manusia. Ia yang selalu rajin sholat tahajud akan mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah SWT, dan selalu dilindungi serta mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat. 

  5. Jembatan masuk surga dengan selamat, dalam hadits riwayat Tirmidzi, Rasulallah SAW bersabda: 'Wahai manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan dirikanlah sholat kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur pula, maka niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat'

  6. Wajahnya akan bersinar saat dibangkitkan dari kubur kelak, ini merupakan salah satu manfaat yang akan terlihat nanti di akhirat. 

Itulah beberapa manfaat dari sholat tahajud yang insyaallah akan Anda dapatkan jika rajin melaksanakan. 

Selain Manfaat Sholat Tahajud, Ketahui Tips Agar Mudah Mendirikan Sholat Tahajud 

Karena memang dilakukan saat sepertiga malam, mungkin masih banyak yang kesulitan untuk mendirikan sholat sunnah ini. Tapi ada beberapa tips yang tak ada salahnya dilakukan agar bisa bangun pukul 03.00 untuk melaksanakan sholat tahajud. 

  1. Pastikan sudah niat dalam hati untuk sholat tahajud nanti 

  2. Tidurlah di bawah pukul 22.00 malam 

  3. Jangan makan malam di atas pukul 20.00 

  4. Minum air putih sebelum tidur 

  5. Buat tempat senyaman mungkin agar bisa lekas tidur 

  6. Olahraga setiap pagi agar dapat tidur dengan pulas sebelum pukul 22.00 

Itulah beberapa manfaat sholat tahajud dan juga tips agar mudah sholat tahajud, semoga bisa melaksanakan sholat sunnah ini dengan rutin.