Mau Rutin Bersedekah Subuh? 5 Keutamaan Melakukan Sedekah Subuh

04 Aug 2021

Sedekah subuh merupakan salah satu amalan sedekah yang bisa mengantarkan umat islam menuju Surga. Sebenarnya ada banyak sekali jenis sedekah yang bisa dilakukan. Salah satu jenis sedekahnya adalah bersedekah subuh. 

Untuk sedekahnya sendiri memang tak ada batasan waktu melainkan terserah bagi orang yang mau melakukan sedekah. Tetapi ada baiknya melakukan sedekah saat subuh atau saat matahari belum terbit. Berikut ini ada beberapa keutamaannya:

2 Malaikat Ikut Berdoa

Salah satu keutamaan yang bisa anda dapatkan jika melakukan sedekah subuh adalah didoakan oleh 2 malaikat. Didoakan oleh 2 malaikat tentu merupakan salah satu kebanggan tersendiri bagi umat islam. Jarang sekali orang yang mendapatkan kesempatan seperti ini, melainkan dengan melakukan sedekah ini anda bisa mendapatkannya. 

Hal ini tercantum dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslin dari Abu Hurairah. Hadits itu berkata setiap subuh 2 malaikat akan turun ke bumi. Lalu malaikat itu berdoa bagi orang yang menginfakkan hartanya karena Allah SWT. 

Barang siapa yang ingin didoakan malaikat maka harus bersedekah karena Allah. Selain itu, dipercaya doa para malaikat akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sedangkan bagi yang enggan sedekah subuh, maka akan ditahan pula rezekinya. 

Bisa Dikabulkan Permintaannya

Melakukan sedekah bisa dengan berbagai cara tetapi dengan melakukan sedekah ini. Tentunya berbagai permintaan anda akan dikabulkan secara seketika oleh Allah SWT. Tetapi dalam melakukan sedekah ini harus diimbangi dengan doa agar permintaan bisa terkabul. 

Selain bisa dikabulkan permintaannya, ada banyak keutamaan yang didapatkan jika melakukan sedekah subuh ini. Contohnya seperti bisa memperlancar rezeki sehingga rezeki yang anda terima bisa lebih baik dibandingkan sebelumnya. Selain itu, bisa diangkat penyakitnya dan dimudahkan urusannya.

Menghapus Dosa

Dengan melakukan sedekah ini bisa menghapus dosa sekarang, lalu, maupun beberapa tahun sebelumnya. Tak heran selain puasa, sedekah seperti ini bisa anda lakukan jika ingin menghapus dosa baik sedikit maupun banyak. 

Menurut hadits riwayat Tirmidzi, beliau mengatakan kalau melakukan sedekah subuh ini bisa menghapus dosa yang telah lalu. Hal ini bisa langsung anda buktikan saja dengan melakukan sedekah tersebut. 

Bisa Menjadi Berkah

Dibandingkan harta hanya digunakan untuk foya-foya saja tentu tidak ada manfaatnya. Bahkan uang akan cepat habis dengan barang-barang yang tak berguna. Agar harta atau uang bisa lebih berguna maka bisa sedekahkan saja kepada orang yang membutuhkan.

Dalam melakukan sedekah subuh bisa dimulai dengan hal yang kecil jika masih tidak mampu. Sedekahkan uang seikhlasnya dan berikan kepada orang yang diincar. Niscaya keberkahanlah yang akan menghampiri anda. 

Didekatkan Pintu Surga dan Dijauhi Pintu Neraka

Keutamaan yang terakhir yaitu didekatkan pintu surga dan dijauhkan oleh pintu neraka. Bagi sebagian orang memasuki surga adalah salah satu keinginan di akirat. Salah satu cara mendekat ke pintu surga bisa dengan cara melakukan sedekah pada saat subuh. 

Bahkan hal ini tercatat dalam 1 hadits yaitu hadits riwayat Bukhari dan Muslim. Hadits itu berkata bagi orang yang memberikan harta kepada orang lain. Maka orang itulah yang akan dipanggil ke surga oleh salah satu pintu surga. 

Ternyata melakukan sedekah pada saat waktu subuh memang ada banyak sekali keutamaannya. Dengan kehadiran keutamaan ini tentu melakukan sedekah tidak ada yang sia-sia. Bahkan bisa mendekatkan diri dengan Surga di akhirat nanti.